2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan               : SD Negeri 7 Baktiya

Kelas / Semester                   : V / 1

Tema                                      : 1 (Organ Gerak Hewan Dan Manusia) Sub Tema                              : 2 (Manusia dan Lingkungan) PembelajaranKe                   : 4

Alokasi Waktu                      : (2 x 35 menit) 1 x Pertemuan

 

 

A.  KOMPETENSI INTI

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.   Menunjukkan  perilaku jujur,  disiplin, tanggung  jawab,  santun, peduli,  dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3.   Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)  dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

 

dala tindakan       yang   mencerminkan

perilaku   ana beriman

dan

berakhlakmulia.

 

 

 

B.

KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR Muatan : Bahasa Indonesia

 

 

 

 

4.   Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkan anak sehat, dan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

Kompetensi

Indikator

3.1

 

.

Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

3.1.1 Menemukan pokok pikiran

 

yang    terdapat    dalam    sebuah paragraf.

4.1

Menyajika hasi identifikas pokok

 

pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

4.1.1 Membuat paragraf dari ide pokok

 

bacaan.

 

 

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan membaca teks wacana, siswa dapat menemukan pokok pikiran yang terdapat dalam sebuah paragraf dengan tepat.

2.   Melalui contoh teks bacaan, siswa dapat membuat paragraf dari ide pokok bacaan yang telah disediakan dengan benar.

 

D.  PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)

1.   Tanggung jawab

2.   Percaya diri

3.   Rasa ingin tahu

4.   Mandiri


5.   Nasionalis

6.   Religius

 

E.  MATERI PELAJARAN Bahasa Indonesia

1.   Menentukan Ide Pokok dari sebuah paragraf.

2.   Membuat paragraf dari ide pokok yang telah dibuat

 

 

F.  PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN

1.

Pendekatan

: Saintifik (5M), TPACK, HOTS

2.

Model Pembelajaran

: Problem Based Learning (PBL)

3.

Metode

: Ceramah, Tanya jawab, Pencarian data,Diskusi

 

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

1.  Media

a.   Google Classroom b.   Google Meet

c Group WhatsApp

d.   Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

e Power Point

f.   Hand Out

2.  Alat

   Laptop

3.  SumberBelajar

   Maryanto. 2017.Organ Gerak Hewan dan Manusia Buku Siswa.

Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

   Maryanto. 2017.Organ Gerak Hewan dan Manusia Buku Guru.

Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H. KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.   Guru bersama siswa saling memberi dan menjawab salam serta menyampaikan kabar masing-masing melalui aplikasi WhatsApp Group.

2.   Guru mengecek kesiapan siswa untuk dapat mengikuti kegiatan pembelajaran.

3. Guru menuntun siswa untuk gabung di Google Meet melalui tautan link yang telah disiapkan pada deskripsi WhatsApp Group atau gabung melalui link Google Meet

di Google Classroom secara otomatis.

4. Siswa bergabung dalam kegiatan pembelajaran daring melalui aplikasi google meet

5.   Guru juga memeriksa kehadiran peserta didik di Google Meet melalui perwakilan ketua kelompok dan Google Classroom melalui google form

6.   Sebelum memulai pelajaran guru menunjuk perwakilan siswa memimpin doa menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)

10 menit


 

 

7. Siswa menyiapkan diri untuk siap mengikuti kegiatan pembelajara dengan   bersika disiplin  dala setiap

kegiatan pembelajaran secara daring. (Integritas)

8.   Siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya (Nasionalisme)

9. Guru   melakuka aperseps denga memberikan kesempatan siswa untuk menonton video yang telah dibuat dan menanyakan apa yang bisa diamati dari video tersebut? (Communication-4C)

10. Guru         menyampaikan         tujuan         pembelajaran. (Communication-4C-Saintific-Menanya)

 

Inti

Tahap 1: Orientasi peserta didik terhadap masalah

1.   Guru kemudian mengajukan pertanyaan pancingan: Dari video tersebut,

a Coba tuliskan satu paragraf yang ditampilkan dalam video dengan kalimat sendiri? (Communication- 4C)

2.   Peserta didik menyimak tayangan materi yang disajikan oleh guru.

 

Tahap 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.

1.   Guru mengajak peserta didik melihat materi/hand out dan

LKPD yang telah disediakan di google classroom.

2.   Salah satu peserta didik diminta share screen hand out dan

LKPD yang tersedia di Google Clasrroom.

3.   Peserta  didik  diberi  kesempatan menanyakan  hal  yang belum dipahami tentang hand out dan LKPD yang disajikan. (Communication-4C)

4.   Peserta didik dalam kelompok diarahkan berdiskusi, bisa melalui WAG kelompok sendiri, ataupun memanfaatkan Link Google Meet yang dibuat sendiri.

5.   Peserta didik diberi kesempatan diskusi kurang lebih 20 menit, dan boleh keluar room meeting,

6.   Peserta didik diarahkan mengecek LKPD melalui google classroom untuk mempermudah mereka dalam memahami materi yang dipelajari.

 

Tahap 3: Membimbing penyelidikan individual

Ataupun kelompok

1.   Guru  membimbing  peserta  didik  dalam  mengerjakan

LKPD. Peserta didik dapat bertanya

kepada  guru  melalui  chat  WhatsApp  ataupun  saluran telepon.

2.   Pesert didi diberika kebebasa untuk   mencari

informasi  baik melalui media internet maupun  sumber pustaka lainnya

3.   Peserta didik juga diberikan kesempatan untuk melakukan silang diskusi dengan teman-temannya baik dalam kelompok maupun kelompok lain Melalui chat WhatsApp, Video Call ataupun Google Meet. (Gotong-royong, Communication, Collaboration Critical Thinking -4C)

40 menit


 

 

Tahap 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil

Karya

1.   Dala wakt yang   tela ditetapkan,   pesert didik diarahkan kembali untuk masuk room google meet melalui WAG

2.   Peserta didik menuangkan hasil LKPD baik dari diskusi ataupun temuan mereka pada buku tulis yang disiapkan.

3. Peserta    didik    sebagai    perwakilan    kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok, yang terlebih dahulu hasil LKPD di foto dalam bentuk gambar/pdf.

4. Peserta didik dari kelompok lain diberi kesempatan bertanya, dan dilanjutkan presentasi kelompok berikutnya.

5.   Pesert didi mengirim/menguploa tugasnya   dalam bentuk file atau foto melalui Google Classroom sesuai topik pembelajaran yang disiapkan. (Communication)

 

Tahap 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses

Pemecahan masalah

1. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atas presentasi yang telah dilakukan.

2. Guru memberikan penguatan terhadap presentasi dan tanggapan peserta didik.

3.   Peserta  didik  diberikan  kesempatan  bertanya  tentang materi yang belum dipahami.(Communication-4C)

 

PENUTUP

1. Peserta didik bersama guru menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dipelajari.

2.   Guru memberikan penghargaan dalam berbagai bentuk terhadap peserta didik yang paling aktif dalam kegiatan pembelajaran daring.

3.   Guru meminta peserta didik melakukan refleksi Sebelum mengakhiri meeting, guru meminta peserta didik melakukan kesimpulan kegiatan pembelajaran hari ini. Kegiatan refleksi sebagai berikut.

a)  Apa saja yang telah anak-anak pelajari hari ini?

b)  Apa  yang  paling  anak-anak  sukai  dari  kegiatan pembelajaranhari ini?

c)  Apa    yang    akan    dilakukan    setelah    mengikuti pembelajaran ini? (Communication)

4.   Guru mengarahkan siswa untuk mengecek soal evaluasi yang telah disediakan di google classroom.

5. Guru memberikan evaluasi pembelajaran melalui google form/quizizz yang ditautkan pada aplikasi google classroom.

6.   Peserta didik juga diinformasikan mengenai alokasi waktu pengerjaan evaluasi.

7.   Guru menyampaikan topik untuk kegiatan pembelajaran

pada pertemuan berikutnya melalui WA Grup

8.   Pesertadidik bersama guru melakukan doa penutup.

(Religius)

9.   Peserta didik dipersilahkan keluar dari meeting room.

20 menit


I PENILAIAN

1. Sikap Spiritual dan Sosial

RencanaPenilaianSikap

 

 

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Keterangan

1

Non Tes

Daftar Check List

Penilaian Oleh Guru

2

Non Tes

Daftar Check List

PenilaianDiriSendiri

2. Pengetahuan

RencanaPenilaianPengetahuan

 

 

 

No

 

Teknik

 

BentukInstrumen

Waktu

Pelaksanaan

 

Keterangan

1

TesTulis

Pertanyaan dan/atau tertulis berbentuk pilihan ganda

Akhir Kegiatan Pembelajaran

Penilaian Pencapaian Pembelajaran (Asessment of Learning)

 

 

3. Keterampilan

Rencana penilaian keterampilan

 

No

Teknik

BentukInstrumen

Keterangan

1

Produk

Rubrik

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

2

Unjuk Kerja

Rubrik

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

 

J.   PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

1.   Remedial

Bagi peserta didik yang belumemenuhi ketuntasan belajar minimal (KBM) setelah melakukan tes tertulis pada akhir pembelajaran, maka akan diberikan pembelajaran tambahan (Remedial Teaching) terhadap IPK yang belutuntas kemudian diberikan tes tertulis pada akhir pembelajaran lagi dengan ketentuan :

a Soal yang diberikan sama dengan soal sebelumnya

b.   Nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes terakhir jika belum mencapai KKM namun jika melebihi maka nilai yang didapat sama dengan nilai KKM

c.   Siswa lain yang sudah tuntas (>KKM) dipersilahkan untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.


 

 

 

Sekolah           : Kelas/Semester                       : Muatan Pelajaran                   : Penilaian HariaKe              : Tanggal Penilaian Harian       :


PROGRAM REMIDIAL

 

Bentuk Penilaian Harian       : Materi Penilaian Harian        : KD/Indikator)                        : KKM                                     :


 

 

 

No

 

Nama Peserta

Didik

 

Nilai Penilaian Harian

Indikator yang Belum Dikuasai

 

Bentuk Tindakan Remedial

 

Nilai Setelah

Remedial

 

 

Ket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KBM (Ketuntasan Belajar Minimal). Guru memberikan materi pengayaan yaitu :

 

 

Muatan Bahasa Indonesia

Buatlah sebuah paragraf tentang keberadaan flora dan fauna di daerah tempat tinggalmu, kemudian tentukan ide pokok dan kalimat pengembangnnya!

 

 

PROGRAM PENGAYAAN

 

Sekolah           : Kelas/Semester                       : Muatan Pelajaran                   : Bentuk Penilaian Harian        : Materi                  : KD/Indikator                          : KKM                                      :

 

 

 

No

 

Nama

PesertaDidik

 

Nilai

PenilaianHarian

Indikator yang Sudah Dikuasai

 

Bentuk Tindakan Pengayaan

 

Nilai Setelah

Pengayaan

 

 

Ket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                            Alue Bili Rayeuk,18-02-2022

Kepala SD Negeri7 Baktiya                                                                 Guru Kelas V

 

 

 

 

 

 

Jasmiati, S.Pd.SD                                                                   Iskandar, S.Pd.SD

NIP. 19771221 198112 1 001                                                NIP.19790202200604 1 007


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE