MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

 

ISKANDAR

CGP ANGKATAN 4 ACEH UDARA

Tabel 3.1  Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

Cara Penerapan

Bentuk PembelajaranSosial Emosional

KSE yang dikembangkan

Yang dilakukanguru

Hal penting yang harus disampaikan kepada murid

refleksi diri

murid memikirkan atau menuliskan tentang perasaan yang telah dialami dan dirasakan secara fisik, mental dan juga emosinya.

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

Meminta murid memeriksa perasaan diri sendiri setiap setelah melakukan pembelajaran atau kegiatan di kelas.



murid dapat merasakan dan merefleksi dirinya dalam setiap kegiatan sehingga murid dapat mengelola emosinya Untuk setiap kegiatan hariannya serta focus dengan apa perubahan yang terjadi pada dirinya.

Jum’at Taqwa

murid mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas.

 

 

Kesadaran Sosial- keterampilan berempati

 

guru meminta murid untuk mengumpulkan sumbangan se ikhlasnya untuk membantu teman yang kurang mampu.

murid dapat menumbuhkan rasa empati antara satu dengan yang lainnya

3 S (Senyum, Salam, Sapa)

 

Guru menyapa murid dengan ucapan salam dengan ramah dan sopan Untuk menimbulkan budaya positif sekolah

 

 

Keterampilan berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi)

 

Guru menunggu Murid di depan pintu gerbang sekolah dengan mengucapkan salam, tersenyum dan menyapa murid dengan ramah

murid mampu menumbuhkan kemampuan hubungan sosial

dengan semua warga sekolah.

 


 

Tabel 3.2 Ide Penerapan 5 Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yang akan dilakukan

 

Jenjang Pendidikan:  SD (B= KELAS 3-6)

KSEyang dikembangkan

Cara Penerapan

Bentuk Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional

Yang Dilakukan Guru

Hal penting yang harus disampaikan kepada murid

Kesadaran Diri

 

 Bernafas dengan kesadaran penuh

Minta murid untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali

guru meminta murid merasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut

Bernapas dalam-dalam meningkatkan suplai oksigen ke otak dan menstimulasi sistem saraf parasimpatis, yang meningkatkan ketenangan.

.

Pengelolaan Diri

 

berorganisasi

murid mengikuti kegiatan diluar jam belajar sekolah formal dengan mengatur informasi yang dia dapatkan dari kegiatan extra tersebut dan juga mengatur waktu dalam kegiatan sehari-harinya 

 

guru meminta murid terlibat aktif dalam setiap kegiatan extra disekolah

 

murid akan lebih terorganisir, produktif serta dapat mengoptimalkan waktu sehari-harinya dan dapat menyaring informasi yang relevan dengan tujuan. 

Kesadaran Sosial

 

pembelajaran kooperatif

murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya.

 

guru membuat kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya.

 

murid dapat menumbuhkan rasa empati antara satu dengan yang lainnya.

Keterampilan Relasi

 

Berkomunikasi dengan jelas

Murid saling memberi tanggapan/pendapat saat kerja kelompok

Guru meminta murid untuk memberikan tanggapan/pendapat saat kerja kelompok

Murid dapat menumbuhkan keterampilan berelasi antar kelompok

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

 

pendekatan personal

 

 jika ada siswa yang melanggar kesepakatan kelas guru memanggil siswa tersebut ke ruang BP diluar jam pelajaran untuk melakukan pendekatan personal.

 

setelah bertemu, guru bertanya alasannya dan mencoba memahami serta memberikan solusi, guru juga memberikan nasihat,motivasi, dan konsekwensi agar tidak mengulangi lagi.

membiasakan siswa menerima konsekuensi dan bertanggung jawab dan membangun motivasi agar lebih baik lagi.

 

Komentar

  1. Terima kasih, atas ilmu yang telah dibagikan Pak., sangat bermanfaat untuk saya dalam memahami materi KSE

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PEMBELAJARAN PSE

2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1