MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan
ISKANDAR
CGP ANGKATAN 4 ACEH UDARA
Tabel
3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial
Emosional yang sudah dilakukan
Cara Penerapan |
Bentuk PembelajaranSosial Emosional |
KSE yang dikembangkan |
Yang
dilakukanguru |
Hal
penting yang harus disampaikan kepada murid |
refleksi diri |
murid memikirkan atau menuliskan tentang perasaan
yang telah dialami dan dirasakan secara fisik, mental dan juga emosinya. |
Pengelolaan diri - mengelola emosi
dan fokus |
Meminta murid memeriksa perasaan diri sendiri setiap
setelah melakukan pembelajaran atau kegiatan di kelas.
|
murid dapat merasakan dan
merefleksi dirinya dalam setiap kegiatan sehingga murid dapat mengelola
emosinya Untuk setiap kegiatan hariannya serta focus dengan apa perubahan
yang terjadi pada dirinya.
|
Jum’at Taqwa |
murid mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas. |
Kesadaran
Sosial- keterampilan berempati |
guru meminta murid untuk
mengumpulkan sumbangan se ikhlasnya untuk membantu teman yang kurang mampu. |
murid dapat menumbuhkan rasa
empati antara satu dengan yang lainnya |
3 S (Senyum, Salam, Sapa) |
Guru menyapa murid dengan ucapan salam dengan ramah
dan sopan Untuk menimbulkan budaya positif sekolah |
Keterampilan
berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi) |
Guru menunggu Murid di depan pintu gerbang sekolah
dengan mengucapkan salam, tersenyum dan menyapa murid dengan ramah |
murid mampu menumbuhkan kemampuan hubungan sosial dengan semua warga sekolah. |
Tabel 3.2 Ide
Penerapan 5 Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yang akan dilakukan
Jenjang
Pendidikan: SD (B= KELAS 3-6)
KSEyang dikembangkan |
Cara Penerapan |
Bentuk Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional |
Yang
Dilakukan Guru |
Hal
penting yang harus disampaikan kepada murid |
Kesadaran
Diri |
Bernafas
dengan kesadaran penuh |
Minta murid untuk berhenti
melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian
melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali |
guru meminta murid merasakan pada
tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut |
Bernapas
dalam-dalam meningkatkan suplai oksigen ke otak dan menstimulasi sistem saraf
parasimpatis, yang meningkatkan ketenangan. . |
Pengelolaan
Diri |
berorganisasi |
murid mengikuti kegiatan diluar jam belajar sekolah
formal dengan mengatur informasi yang dia dapatkan dari kegiatan extra
tersebut dan juga mengatur waktu dalam kegiatan sehari-harinya |
guru meminta murid terlibat aktif
dalam setiap kegiatan extra disekolah |
murid akan lebih terorganisir,
produktif serta dapat mengoptimalkan waktu sehari-harinya dan dapat menyaring
informasi yang relevan dengan tujuan. |
Kesadaran
Sosial |
pembelajaran kooperatif |
murid saling membantu temannya dalam memahami
pelajaran, bila ada teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor
sebaya. |
guru membuat kelompok belajar
siswa sesuai kebutuhannya. |
murid dapat menumbuhkan rasa
empati antara satu dengan yang lainnya. |
Keterampilan
Relasi |
Berkomunikasi dengan jelas |
Murid saling memberi tanggapan/pendapat saat kerja
kelompok |
Guru meminta murid untuk memberikan tanggapan/pendapat saat kerja kelompok |
Murid dapat menumbuhkan keterampilan berelasi antar kelompok |
Pengambilan Keputusan yang
Bertanggung Jawab |
pendekatan personal |
jika ada siswa yang melanggar kesepakatan
kelas guru memanggil siswa tersebut ke ruang BP diluar jam pelajaran untuk
melakukan pendekatan personal. |
setelah bertemu, guru bertanya alasannya
dan mencoba memahami serta memberikan solusi, guru juga memberikan
nasihat,motivasi, dan konsekwensi agar tidak mengulangi lagi. |
membiasakan siswa menerima
konsekuensi dan bertanggung jawab dan membangun motivasi agar lebih baik
lagi. |
Terima kasih, atas ilmu yang telah dibagikan Pak., sangat bermanfaat untuk saya dalam memahami materi KSE
BalasHapusMantap kali lah Pak
BalasHapus