RPP PEMBELAJARAN PSE

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                              : SD Negeri  7 Baktiya

Kelas /Semester                 :  V/2 (dua )

Tema          7                      :  Peristiwa dalam Kehidupan

Sub tema 4                               :  Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Pembelajaran ke-             :  5dan6

Fokus Pembelajaran        :  Bahasa Indonesia dan PPKn,SBdP

Alokasi Waktu                  :  6 x 35 menit(6 JP)

 

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.9 Mencermati penggunaankalimat efektif dan ejaandalam surat undangan(ulang tahun, kegiatansekolah, kenaikan kelas,dll.)

3.9.1  Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.)

4.9 Membuat surat undangan(ulang tahun, kegiatansekolah, kenaikan kelas,dll.) dengan kalimat efektifdan memperhatikanpenggunaan ejaan

4.9.1 Membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan

 

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Menelaah keberagamansosial budaya masyarakat

 

3.3.1Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat;

4.3Menyelenggarakankegiatan yang mendukungkeberagaman sosial

4.3.1  Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat;

 

SBdP

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Memahami karya seni rupadaerah

 

3.4.1  Membuat poster tentang bahaya merokok, minuman keras dan NAPZA

4.4 Membuat karya seni rupadaerah

4.4.1• Membuat poster

 

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan membuat ulasan, siswa dapat memahami isi bacaan atau teks dengan penuh percaya diri.

2. Dengan menonton video, siswa dapat membuat surat undangan dengan kalimat efektif dan sesuai ejaan.

3. Dengan menonton video, siswa dapat membuat poster bahaya naza dengan benar.

D.  MATERI PEMBELAJARAN

1.  Teks Penjelasan  peristiwa Kongres Pemuda Indonesia

2.  Menyebutkan upaya-upaya pelestarian  kebudayaan Nasional

3.  Teks Penjelasan perilaku yang tepat dalam menghadapi keragaman dalam kehidupan sehari-hari

 

E.  METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.

Model Pembelajaran          : PBL

Metode Pembelajaran        : Diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat          : 1. Teks bacaan.

2. Infokus /laptop/speaker

3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.

Bahan bacaan : link

Link Youtube Video Keberagaman Sosial di Masyarakat https://www.youtube.com/watch?v=hcosZkgnI-Q

Link langkah menulis surat undangan sesuai dengan ejaan dan kalimat aktif

https://www.youtube.com/watch?v=zTzW_dEuJQA

Link video yotube bahaya Naza

https://www.youtube.com/watch?v=W_18pQPRHf4

Link Video cara membuat poster

https://www.youtube.com/watch?v=txzKubYTyds

Sumber Belajar    :1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.( KSE kesadaran penuh, mengajak siswa berdoa dengan hikmat dan mengajak siswa merenungi anugrah Sang Pencipta dengan sikap syukur )

4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

15 menit

Kegiatan inti

• - Sintak :Orientasi Peserta Didik Pada Masalah

Guru membagikan bahan bacaan keadaan berbagai Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat

-          Murid membaca dan mengamati bahan bacaan

-          Guru meminta murid menuliskan pada kertas post it perasaan yang dirasakan setelah membaca bahan bacaan ( penerapan KSE Kesadaran diri )

-          Setelah menuliskan masing – masing murid membacakan perasaan yang dirasakan dan menjelaskannya.

-          Guru menayangkan video Keragaman Sosial dimasyarakat (  untuk lebih memperdalam pemahaman murid )

 

 

-  Guru     mengajukan     pertanyaan     terkait

 

karakteristik individu siswa dalam kelas.

Siswa menjawab pertanyaan guru.

- Guru    mengajak    siswa    mendiskusikan persamaan dan perbedaan karakter individu.

- Guru  menanyakan  pembagian  tugas  antar anggota kelompok dalam kegiatan bersama semisal piket kelas atau latihan pramuka. Tanya jawab diarahkan pada kesadaran siswa bahwa saat pembagian tugas, akan mempertimbangkan karakteristik individu (misal  jenis  kelamin, postur  tubuh,  bakat/ minat, dan sebagainya). ( KSE Empati atau kemampuan memahami kondisi dan posisi antara teman ).

Menjawab      pertanyaan,      guru      tentang

 

pembagian   tugas   dalam   kelompok   yang heterogen.

Sintak Mengorganisasikan Siswa :

-          Guru    mengelompokkan    siswa    secara

 

heterogen  (jenis  kelamin,  umur,  postur tubuh, tingkat kecerdasan)

-          Guru   menjelaskan   tugas   yang   harus

 

dilakukan oleh siswa yaitu berdiskusi kelompok untuk (a) mengidentifikasi kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, atau lingkungan tempat tinggal)   yang anggotanya memiliki keberagaman individu; (b) mengajukan jawaban sementara untuk pertanyaan yang diajukan  guru,  “Apa  manfaat keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari?”

 

Sintak Membimbing Penyelidikan :

Secara berkelompok, siswa

 

a.    Mengidentifikasi   bentuk   kegiatan   dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan secara bersama-sama oleh orang yang memiliki perbedaan karakteristik individu.

b.    Mendiskusikan       manfaat       keberagaman individu dalam kegiatan bersama dalam kehidupan sehari-hari.

Catatan: Selama proses ini, guru mendampingi dan memberikan bimbingan serta arahan sesuai dengan kebutuhan

Sintak Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya :

Berdiskusi  untuk  membuat  rangkuman

 

manfaat      keberagaman      karakteristik individu dalam kehidupan sehar-hari.

Menyusun rencana kegiatan bersama teman satu kelas dengan mempertimbangkan keberagaman karakteristik individu dalam pembagian tugas.

Mempresentasikan    hasil    kerja    dalam

 

diskusi kelas.

 

.   Menanggapi     hasil     kerja     kelompok. lain.ngajukan pertanyaan, usul)

Sintak Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

-          Guru   membimbing   peserta   didik   untuk

 

merekonstruksi hasil rangkumannya tentang manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

       - Guru dan peserta didik menganalisis apakah manfaat keberagaman karakeristik individu sudah benar, perlu ditambah atau sudah cukup. Bila diperlukan, bersama-sama membenahi dan melengkapinya.

-         Guru membimbing siswa membuat simpulan hasil belajar tentang manfaat keberagaman karakteristik dalam kehidupan sehari –hari.

 

 

Muatan Bahasa

-          Berdasarkan Bahan Bacaan Guru Meminta siswa memikirkan Acara( kegiatan bersama ) yang dapat dilaksanakan sehingga nantinya akan menumbuhkan rasa kebersaamaan dalam keragaman . ( Guru Memberi Stimulus agar membimbing siswa berpikir )

-          Murid menjawab dengan jawaban masing – masing

-          Guru mengambil Empat Kegiatan acara ( Perpisahan Sekolah, Rapat Kenaikan Kelas, Ulang Tahun , Rapat Perayaan 17 Agustus di Desa )

-          Guru membagi kelompok menjadi 4 kelompok

-          Murid dalam kelompok menonton video cara menulis surat undangan

-          Murid dalam kelompok menuliskan hal – hal penting yang perlu diperhatikan dalam menulis surat undangan ( Kalimat efektif dan ejaan )

-          Guru membuat Undian dengan menggulung kertas yang didalamnya Pilihan Undangan yang dibuat, perwakilan masing – masing kelompok mengambil undian.( KSE  Pengambilan Keputusan , Guru melakukan teknik ini agar keputusan kelompok dalam memilih tidak memakan waktu dan efisien mewakili keberagaman keinginan murid )

-          Murid bekerja sama dalam kelompok membuat surat undangan yang dipilih berdasarkan tos.

-          Perwakilan masing – masing kelompok mempresentasikan hasil kerja dan menempelkan ke Mading Kelas.

-          Kelompok lain mengomentari .

-          Guru membimbing murid membuat kesimpulan

Sebelum memasuki muatan selanjutnya Guru mengajak murid melakukan Teknik STOP agar murid tenang dan rileks mengikuti pembelajaran selanjutnya.

Muatan Sbdp

-          Guru memberikan pertanyaan pada murid

Dimana saja Lingkungan kita berada dalam kehidupan sehari – hari sesuai bahan bacaan yang telah dipelajari sebelumnya

-          Murid Menjawab

-          Guru memutar video bahaya naza di berbagi lingkungan

-          Guru melakukan Tanya jawab dengan murid tentang bahaya naza

-          Guru meminta murid membuat poster bahaya naza

-          Murid mempresentasikan hasil karya nya

-          Guru dan murid lain memberikan Apresiasi ( tepuk tangan )

-          Guru membimbing murid membuat kesimpulan

 

180 menit

Penutup

1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

     Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

     Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?

2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.

4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

15 menit

H.  PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.

b.   Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Pkn

a. Rubrik Membuat Ulasan

Tulis

Pilihan Ganda dan Uraian

 

A.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

    1. Rubrik Membuat Undangan

Daftar Ceklis

Ya/Tidak

SBdP.,

b. Rubrik Membuat Poster

Daftar Ceklis

Ya/tidak

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala SD Negeri 7 Baktiya

 

 

 

 

 

Jasmiati ,S.Pd

NIP.197702082007012002

 

 

 

 

 

 

Baktiya,         2022

Guru Kelas V

 

 

 

 

 

 

Iskandar,S.Pd.

 NIP.197902022006041007                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

 

 

Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu di Lingkungan Sekitar Tempat Tinggal (Problem  Based Learning)

 

Tujuan : a.  Merangkum manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

b. Menampilkan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan keberagaman karakteristik individu.

Identitas Mata pelajaran   : PPKn Kelas V

 

Petunjuk Kerja:

 

1)   Datalah 4 kegiatan dalam lingkunganmu (rumah, lingkungan tempat tinggal, dan sekolahmu) yang dilakukan secara bersama-sama.

2)   Identifikasikanlah keberagaman karakteristik individu orang-orang yang terlibat dalam masing-masing kegiatan tersebut.

3)   Analisislah   manfaat   keberagaman   karakteristik   individu   dalam kegiatan tersebut!

Untuk memudahkan analisis, kamu dapat menggunakan tabel berikut.

 

Nama kegiatan .......                    Lokasi kegiatan: .......

 

No

Nama

Karakteristik

 

Individu

Tugas/     Tanggung

 

Jawab

1.

 

 

 

2.

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI Soal

 

 

Jenis Sekolah             : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran         : PPKn

Alokasi Waktu     : 10menit

Jumlah Soal      : 2

Tahun Pelajaran      : 2020/2021

 

 

NO

Kompetensi

 

yang Diuji

Lingkup

 

Materi

 

Materi

 

Indikator Soal

 

No

Level

 

Kognitif

Bentuk

 

Soal

 

3.3 Menjelas kan makna              ke beragaman karakteristik individu  di  ling kungan sekitar.

Makna Keberagaman Personal, Sosial, dan Kultural

Makna keberagaman Personal, Sosial,       dan Kultural

Disajikan ilustrasi berupa cerita, siswa menentukan keberagaman yang tampak dalam gambar tersebut.

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

Penalaran

 

 

 

 

 

Uraian singkat

 

3.3 Menjelaskan

 

makna kebe- ragaman karak teristik indi vidu di lingku-ngan sekitar.

Makna

 

Keberagaman Personal, Sosial, dan Kultural

Makna

 

keberagaman Personal, Sosial,       dan Kultural

Disajikan      ilustrasi

 

tentang pertikaian dalam sebuah tim sepak bola. Salah seorang pemain tidak bersedia bermain karena ada anggotanya yang kulitnya tidak  sama dengan yang lain. Peserta didik menentukan cara yang tepat untuk mengatasi keadaan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penalaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Kartu Soal

Tahun Pelajaran 2020/2021

Jenis Sekolah            : SD                                  Kurikulum                  : 2013

Kelas                           : V                                     Bentuk Soal               : Uraian singkat

Mata Pelajaran         : PPKn                             Nama Penyusun         :   Istiqomah

KOMPETENSI DASAR

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

Buku

Sumber :

Pengetahuan/ Pemahaman

Aplikasi

V       Penalaran

 

 

Nomor

Soal

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci

Jawaban

RUMUSAN BUTIR SOAL

Dalam peringatan Bulan Bahasa di sekolahmu, akan

 

diadakan  pentas  seni.  Setiap  kelas  harus menampilkan tari tradisional.   Intan anak pindahan dari Aceh, akan menampilkan tari saman.  Made yang asli Bali akan menampilkan tari pendet. Joko dan Susilo akan menampilkan tari remo, asli Jawa Timur. Siswa lain yang tidak memiliki keterampilan dan bakat seni akan membantu pelaksanaan pentas seni tersebut.

 

Berdasarkan ilustrasi di atas, jelaskan makna keberagaman yang terdapat dalam cerita tersebut!

LINGKUP MATERI Makna Keberagaman

Personal, Sosial, dan

Kultural

MATERI Makna

Keberagaman Personal, Sosial, dan Kultural

INDIKATOR SOAL Disajikan       sebuah

ilustrasi        tentang

keberagaman      tari tradisional              di

Indonesia.        Siswa menentukan

penyebab

terjadinya keragaman   budaya

tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Jenis             : SD                                                            Kurikulum                     : 2013

Sekolah

Kelas           : V                                                              Bentuk Soal                  :  PG Mata

 

 

 

 

 

Pelajaran    : PPKn                                                       Nama Penyusun          :

 

KOMPETENSI DASAR

 

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

 

Buku

Sumber :

Pengetahuan/ Pemahaman

 

Aplikasi

 

V       Penalaran

 

Nomor

Soal

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci

Jawaban

 

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci

Jawaban

 

B

RUMUSAN BUTIR SOAL

 

Perhatikan ilustrasi berikut ini.

Saat sedang bermain sepak bola, Andi bersikukuh tidak mau jadi satu tim dengan Hadi yang berasal dari Surabaya.

 

“Nggak mau saya satu tim dengan Hadi. Aku Arema, arek malang. Dia dari Surabaya, mendukung Persebaya.”

 

Sebagai teman Agus dan Hadi, apa yang akan kamu lakukan?

 

A.    Menuruti   keinginan   Agus   agar   permainan   bisa dilanjutkan.

B.    Mengingatkan   Agus   agar   rukun   dengan   semua teman, tanpa memandang asal usul dan tetap bermain satu tim dengan Hadi.

C.     Mengusulkan    pada    pelatih    sepak    bola    agar

mengeluarkan Agus dan Hadi dari tim sepak bola sekolah.

D.    Memindahkan Hadi ke tim lainnya agar tidak terjadi perpecahan tim dan permainan bisa dilanjutkan.

 

LINGKUP MATERI Makna       Keberagaman Personal,    Sosial,    dan Kultural

 

MATERI

Makna       Keberagaman

Personal,    Sosial,    dan

Kultural

INDIKATOR SOAL Disajikan ilustrasi

tentang sekelompok

anak yang sedang bermain. Salah seorang

memicu terjadinya konflik karena perbedaan karakteristik individu. Siswa dapat

menentukan cara pemecahan masalah tersebut agar anak-anak tersebut tetap rukun

dan bersama meski berbeda.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1