JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 23

 

Jurnal Refleksi Minggu ke-23 Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

ISKANDAR CGP ANGKATAN 4

SDN 15 BAKTIYA

Model 5: Connection, challenge, concept, change (4C)

 

Bersyukur kepada sang maha penentu kehidupan karena tiba juga di minggu ke-23. Tak terasa ternyata setelah dijalani pendidikan guru penggerak itu sangat menyenangkan. Di minggu ke-23 saya akan mencoba merefleksi aktivitas pembelajaran yang telah dilalui. Adapun aktivitas pembelajaran di minggu ke-23 meliputi:

 

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.8. 1 Elaborasi Pemahaman - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.10.1. Forum Berbagi Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid.

Jurnal refleksi di minggu ini penulis akan merefleksi menggunakan Model 5: Connection, challenge, concept, change (4C). Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Berikut adalah deskripsi jurnal refleksi minggu 23 menerapkan model 4C:

 

1. Connection

 

Sudah kita ketahui bahwa sebagai guru penggerak memiliki beberapa peran  diantaranya : 1) menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya; 2) Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah; 3) Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah; 4) Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan 5) Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah. Kesemua peran tersebut sangat memiliki korelasi dengan dengan modul 3.3. pengelolaan program yang berdampak pada murid.

 

Keterkaitanya yaitu guru penggerak berperan menggerakan guru lain untuk membuat komunitas belajar yang akan saling bahu membahu menyusun dan merancang sebuah program yang berdampak pada murid. Program yang disusun dalam komunitas belajar adalah program yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap murid seperti dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada diri murid. guru penggerak bersama guru lain dan pemangku kebijakan duduk bersama membuka ruang diskusi dan berkolaborasi merancang ekosistem pendidikan yang memberikan ruang pada murid untuk bisa mengembangkan dirinya secara maksimal dalam kegiatan yang telah dirancang dalam program yang berdampak pada murid.  Program yang disusun bersama dalam komunitas perubahan yang menjadikan anak memiliki kenyamanan, ketenangan dan dan kebahagian dalam melakukan setiap kegiatan yang terakomodir dalam program tersebut.

 

2. Challenge

 

Selama ini dalam menjalankan sebuah program sebenarnya sekolah sudah mengetahui adanya tahapan dalam pelaksanaan program yaitu Monitoring, Evaluation, Learning, Reporting (Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, Laporan) hanya saja dalam pelaksanaan di lapangan kebiasaannya tidak secara sempurna dilaksanakan. Faktanya hanya menjalankan tahap monitoring dan evaluasi. Padahal learning dan reporting merupakan tahapan yang penting yang tidak boleh dilalui.

 

Dalam learning digunakan untuk berpikir dan merefleksikan situasi dan dapat membantu menyusun refleksi tertulis. Dalam learning juga membahas aspek utama dari apa yang perlu dipertimbangkan ketika meninjau suatu pengalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari refleksi perlu ditinjau kembali pemikiran yang dimiliki.

3. Concept

 

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Assignment

Menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari mengenai tahapan pengelolaan program. Merancang pengelolaan program dengan melibatkan orang tua dan komunitas.

Tahapan BAGJA

 

B-uat Pertanyaan

 

Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan

 

A-mbil Pelajaran

 

Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah)

 

G-ali Mimpi Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan:

 

- Kepemimpinan seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid)

- Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan kepemimpinan yang baik

 

 - Perilaku guru seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa

 

- Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa

 

- Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa

J-abarkan Rencana Membuat cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita tuliskan: - Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)?

 

- Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka Monev)

 

A-tur Eksekusi Menentukan tim inti program:

 

- Siapa koordinator/penanggung jawab pelaksanaan program

 

- Siapa yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program

 

- Siapa yang bertugas membuat laporan program

 

A-tur Eksekusi Menentukan tim inti program:

 

- Siapa koordinator/penanggung jawab pelaksanaan program

 

- Siapa yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program

 

- Siapa yang bertugas membuat laporan program

 

Strategi Pengolahan Data

 

Pertanyaan Monitoring Diisi dengan pertanyaan monitoring dan pertanyaan tambahan tentang tim pengelola program

 

Data yang terkumpul Diisi dengan data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode

 

 

 

Pembelajaran Program

 

Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program Diisi dengan hal-hal yang mendukung keberhasilan program

 

Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Diisi dengan hal-hal yang menghambat pencapaian program

 

Program Pembelajaran

 

Diisi dengan hasil refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program

 

Pelaporan Program

 

Gambaran Umum Program:

 

Deskripsi Pelaksanaan Program: - Waktu Pelaksanaan - Strategi Pelaksanaan Program - Faktor Pendukung dan Penghambat Program - Hasil Pelaksanaan Program Evaluasi Program: Pembelajaran Program

 

3.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Questionnaire

 

4. Change

 

Memetakan asset yang dimiliki sekolah

Memanfaatkan asset tersebut untuk mendukung keterlaksanaan program sekolah yang berdampak pada murid

Menyusun program sekolah yang berdampak pada murid dengan berbasis aset

Memenejemen risiko untuk meminimalisir datangnya kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI