3.3.a.7 Demonstrasi Kontekstual -Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

 

3.3.a.7 Demonstrasi  Kontekstual -Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

 

1.Rancangan program 

 

                                                                                                        QOSIDAH REBANA

 

 Sekolah Dasar negeri 15 Baktiya bukanlah sekolah yang Agamis,namun Mayoritas warga sekolahnya beragama islam.Dengan adanya program sebelumnya yang bernuansa Islam yakni Jum'at sholawat yang diLaksanakan Setiap hari jum'at pagi dengan diiringi musik Hadrah, warga sekolah SDN 15 Baktiya bersama dapat meningkatkan Rasa cinta kepada nabi besar Muhammad SAW.Dengan latar belakang tersebut,saya ingin merencanakan program yang berdampak pada kepemimpinan siswa, Program baru Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam seni rebana,serta menumbuhkembangkan rasa bangga dan cinta pada kesenian daerah dan untuk melestarikan budaya islam melalui seni rebana/samroh di kalangan Sekolah dasar Negeri 1 Baktiya.ini adalah sebuah program ekstra kurikuler dimana Sekolah kami ditunjuk untuk dapat menampilkan Kesenian tradisional melalui ajang lomba Seni yang akan diadakan pada bulan juni mendatang

 

3. Tahapan Bagja

 

DASAR FILOSOFI KHD Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia

.POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid  untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

Mandiri. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam seni rebana,serta menumbuhkembangkan rasa bangga dan cinta pada kesenian daerah dan untuk melestarikan budaya islam melalui seni rebana/samroh di kalangan Sekolah dasar Negeri 15 Baktiya

 PRAKARSA PERUBAHANQOSIDAH REBANA(Seni Religius) adalah seni suara yang mengandung unsur-unsur dakwah islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai dengan ajaran Islam.TAHAPANPERTANYAANTINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP  INI WAKTU YANG DIPERLUKAN PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI Buat pertanyaan utama (Define)

 

* Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

* Menggalang atau membangun koalisi tim perubahanBagaimana program qosidah rebana bisa  menumbuhkembangkan rasa bangga dan cinta pada kesenian daerah di kalangan Sekolah dasar negeri 15 Baktiya

* Diskusi bersama kepala sekolah/rekan kerja bagaimana program ini akan dijalankan

* identifikasi minat dan bakat siswa

* Membuat angket terkait program                

 * Menginfokan program ke seluruh siswa

* Murid-murid

* Rekan guru

* Kepala sekolah1 minggu CGP bersama Rekan sejawat A-mbil pelajaran (Discover)

 

* Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;

* Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

* Aktivitas apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui qosidah rebana?

* Bagaimana siswa bisa memainkan alat musik tradisional tersebut ?          

 *Bagaimana kegiatan pelaksanaan program qosidah rebana?

* memperkenalkan alat musik tradisional di kalangan sekolah dasar

*memberikan kesempatan peserta didik dalam menampilkan kreasi seni   melalui music tradisional

* Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui program qosidah rebana

* Alat musik rebana                      

*pelatih ahli

* Murid-murid

* Waktu

* Kebijakan sekolah

1 minggu CGP bersama pelatih ahli G-ali mimpi (Dream)

 

* Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

* Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).Apa yang diharapkan dari adanya program qosidah rebana?

* murid memiliki kesempatan untuk bisa menyalurkan aspirasi,mengeksplorasikan diri,melatih jiwa berani,tampil mandiri dan berkolaborasi   

 *peserta didik lebih bisa berekspresi secara positif untuk memilih hobi,minat dan bakat sesuai dengan apa yang akan ia kembangkan    

* Sekolah dapat melestarikan budaya islam melalui seni rebana/samroh di kalangan Sekolah dasar Negeri 15 Baktiya

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI