3.3.a.7 Demonstrasi Kontekstual -Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid
3.3.a.7 Demonstrasi Kontekstual -Pengelolaan Program yang
Berdampak Pada Murid
1.Rancangan program
QOSIDAH REBANA
Sekolah Dasar negeri 15
Baktiya bukanlah sekolah yang Agamis,namun Mayoritas warga sekolahnya beragama
islam.Dengan adanya program sebelumnya yang bernuansa Islam yakni Jum'at
sholawat yang diLaksanakan Setiap hari jum'at pagi dengan diiringi musik
Hadrah, warga sekolah SDN 15 Baktiya bersama dapat meningkatkan Rasa cinta
kepada nabi besar Muhammad SAW.Dengan latar belakang tersebut,saya ingin
merencanakan program yang berdampak pada kepemimpinan siswa, Program baru
Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam seni rebana,serta menumbuhkembangkan
rasa bangga dan cinta pada kesenian daerah dan untuk melestarikan budaya islam
melalui seni rebana/samroh di kalangan Sekolah dasar Negeri 1 Baktiya.ini
adalah sebuah program ekstra kurikuler dimana Sekolah kami ditunjuk untuk dapat
menampilkan Kesenian tradisional melalui ajang lomba Seni yang akan diadakan
pada bulan juni mendatang
3. Tahapan Bagja
DASAR FILOSOFI KHD Maksud
pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah
memerdekakan manusia
.POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR
PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid
memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain,
bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.
Beriman, bertakwa, dan berakhlak
mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan
berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman,
ketakwaan dan akhlak mulia.
Mandiri. Menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung
jawab pada proses pembelajarannya sendiri.
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN
PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN
Mengembangkan minat dan bakat
siswa dalam seni rebana,serta menumbuhkembangkan rasa bangga dan cinta pada
kesenian daerah dan untuk melestarikan budaya islam melalui seni rebana/samroh
di kalangan Sekolah dasar Negeri 15 Baktiya
PRAKARSA PERUBAHANQOSIDAH REBANA(Seni
Religius) adalah seni suara yang mengandung unsur-unsur dakwah islamiyah dan
nasihat-nasihat baik sesuai dengan ajaran Islam.TAHAPANPERTANYAANTINDAKAN YANG
DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN RENCANA UNTUK MELIBATKAN
SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA YANG DAPAT
DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI WAKTU YANG
DIPERLUKAN PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI Buat pertanyaan utama (Define)
* Membuat pertanyaan utama yang
akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;
* Menggalang atau membangun
koalisi tim perubahanBagaimana program qosidah rebana bisa
menumbuhkembangkan rasa bangga dan cinta pada kesenian daerah di kalangan
Sekolah dasar negeri 15 Baktiya
* Diskusi bersama kepala
sekolah/rekan kerja bagaimana program ini akan dijalankan
* identifikasi minat dan bakat
siswa
* Membuat angket terkait program
* Menginfokan program ke
seluruh siswa
* Murid-murid
* Rekan guru
* Kepala sekolah1 minggu CGP
bersama Rekan sejawat A-mbil pelajaran (Discover)
* Menyusun pertanyaan lanjutan
untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;
* Menentukan bagaimana cara kita menggali
fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi
unsur
* Aktivitas apa saja yang
dilakukan dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui qosidah rebana?
* Bagaimana siswa bisa memainkan
alat musik tradisional tersebut ?
*Bagaimana kegiatan pelaksanaan program
qosidah rebana?
* memperkenalkan alat musik
tradisional di kalangan sekolah dasar
*memberikan kesempatan peserta
didik dalam menampilkan kreasi seni melalui music tradisional
* Curah pendapat bersama lebih
banyak murid untuk mengetahui program qosidah rebana
* Alat musik rebana
*pelatih ahli
* Murid-murid
* Waktu
* Kebijakan sekolah
1 minggu CGP bersama pelatih ahli
G-ali mimpi (Dream)
* Menyusun deskripsi kolektif
bilamana inisiatif terwujud;
* Mengalokasikan kesempatan untuk
berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).Apa yang diharapkan
dari adanya program qosidah rebana?
* murid memiliki kesempatan untuk
bisa menyalurkan aspirasi,mengeksplorasikan diri,melatih jiwa berani,tampil
mandiri dan berkolaborasi
*peserta didik lebih bisa berekspresi secara
positif untuk memilih hobi,minat dan bakat sesuai dengan apa yang akan ia
kembangkan
* Sekolah dapat melestarikan
budaya islam melalui seni rebana/samroh di kalangan Sekolah dasar Negeri 15
Baktiya
Komentar
Posting Komentar