3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
ISKANDAR_CGP ANGKATAN 4
SDN 15 BAKTIYA
Pemetaan 7 Kelompok Aset – Sumber Daya yang dimiliki Sekolah
1.MODAL
MANUSIA
Kepala Sekolah
Ditunjuk oleh Dinas terkait melalui seleksi
profesional dan terbukti sudah menguasai kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan
dan sosial.
Guru
• Kualifikasi pendidikan minimal S1 dan 70% sudah bersertifikat pendidik.
• Beberapa di antaranya sudah dan sedang mengikuti PPGP.
• Ada yang sudah berstatus IK, IN, GI dan Guru berprestasi.
• Memiliki motivasi tinggi dalam bertugas.
Murid
Murid dengan kemampuan kognitif dan
karakteristik yang heterogen dan memilki semangat tinggi.
Staf Tendik
Tendik dengan kemampuan administrasi dengan
kualifikasi pendidikan D3-S1.
Pengawas Sekolah
Pengawas yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan
dan rutin melaksanakan pembinaan.
Dinas/Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten
Unsur pemantau dan pendukung kebijakan dan
pengembangan sekolah yang merupakan perwakilan Dinas Pendidikan di tingkat
Kabupaten.
Komite dan Wali Murid
Pendukung kebijakan sekolah dan proses belajar
mengajar yang berpihak pada murid.
Warga Sekitar Sekolah
Masyarakat sekitar sekolah yang proaktif
terhadap program dan kebijakan sekolah
2.MODAL SOSIAL
RELASI
Jalinan
Kerja sama dengan dengan Dunia Usaha/Industri dan Warga Desa di Lingkungan Sekitar
NORMA
Pembacaan
Surah Yasin dan ceramah ringkas yang dipimpin
tokoh agaman lingkungan sekitar
PERATURAN DAN KEBIASAAN
Qanun /
aturan kampung yang dijadikan pedoman penyusunan program dan kebijakan sekolah
3.MODAL FISIK
GEDUNG
Ruang
Kepala Sekolah, Ruang Guru dan Tendik, Ruang Belajar, Laboratorium (IPA,
komputer, desain grafis), Bengkel (Tata
Busana, Pengelasan, Furniture), Musholla, UKS, Perpustakaan, Kantin, Toilet
guru dan siswa, pos satpam.
SARANA
Lapangan
Upacara, Lapagan dan sarana olahraga, Sarana kesenian
INFRATRUKTUR
Jalan
raya dan jalan desa yang dilalui oleh warga sekolah, Pengadaan air bersih
(PDAM), Saluran Pembuangan Limbah, jaringan internet (WiFi)
FASILITAS
Media
dan alat pembelajaran, Bahan praktik siwa, alat peraga,
4.MODAL LINGKUNGAN
ALAM
Ø Lahan untuk berkebun yang ditanami sawit, dan persawahan di sekitar
sekolah yang sering dijadikan tempat penelitian dan belajar di luar ruangan
untuk murid.
Ø Pasar yang terletak di dekat lokasi sekolah sebagai tempat pemasaran
hasil karya murid.
Ø Dunia Usaha dan Industri yang dijadikan tempat praktik murid.
5.MODAL FINANCIAL
Ø Dana BOS
Ø Dana DAK
Ø Unit Produksi
Ø Dana Aspirasi
Ø Hasil penjualan sawit
Ø Bebasiswa
6.MODAL POLITIK
1.Menjalin hubungan baik dengan anggota DPRD
untuk menyalurkan aspirasi
2.Bekerja sama dengan POLSEK setempat dalam
mendisiplinkan murid
3.Menjalin silaturahmi dengan Dinas Kesehatan
dan Kebersihan terkait PKLH
4.Menjalin komunikasi yang sehat dengan MUSPIKA
di daerah lingkungan sekolah
7.MODAL AGAMA DAN BUDAYA
Agama
Menganut dan menjalankan agama yng homogen
yaitu Islam, dan mayoritas penduduk di lingkungan sekitar juga menganut
kepercayaan yang sama.
Budaya
Bersama-sama dengan warga sekitar memuliakan
dan melestarikan kekayaan budaya daerah Aceh Utara, seperti:
Meudikee pada perayaan Maulid
Nabi, Melestarikan kesenian tradisional yaitu Tari Ranup Lampuan di
setiap acara sekolah.
TERIMAKASIH,,,,,,,,,,,,,,,
SALAM BAHAGIA,,,,,,,,
Komentar
Posting Komentar