3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

ISKANDAR_CGP ANGKATAN 4

SDN 15 BAKTIYA

Pemetaan 7 Kelompok Aset – Sumber Daya yang dimiliki Sekolah

1.MODAL MANUSIA 

Kepala Sekolah

Ditunjuk oleh Dinas terkait melalui seleksi profesional dan terbukti sudah menguasai kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan dan sosial.

Guru

       Kualifikasi pendidikan minimal S1 dan 70% sudah bersertifikat pendidik.

       Beberapa di antaranya sudah dan sedang mengikuti PPGP.

       Ada yang sudah berstatus IK, IN, GI dan Guru berprestasi.

       Memiliki motivasi tinggi dalam bertugas.

Murid

Murid dengan kemampuan kognitif dan karakteristik yang heterogen dan memilki semangat tinggi.

Staf Tendik

Tendik dengan kemampuan administrasi dengan kualifikasi pendidikan D3-S1.

Pengawas Sekolah

Pengawas yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan rutin melaksanakan pembinaan.

Dinas/Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten

Unsur pemantau dan pendukung kebijakan dan pengembangan sekolah yang merupakan perwakilan Dinas Pendidikan di tingkat Kabupaten.

Komite dan Wali Murid

Pendukung kebijakan sekolah dan proses belajar mengajar yang berpihak pada murid.

Warga Sekitar Sekolah

Masyarakat sekitar sekolah yang proaktif terhadap program dan kebijakan sekolah

2.MODAL SOSIAL

RELASI

Jalinan Kerja sama dengan dengan Dunia Usaha/Industri dan Warga Desa  di Lingkungan Sekitar

NORMA

Pembacaan Surah  Yasin dan ceramah ringkas  yang dipimpin  tokoh agaman lingkungan sekitar

PERATURAN DAN KEBIASAAN

Qanun / aturan kampung yang dijadikan pedoman penyusunan program dan kebijakan sekolah

3.MODAL FISIK

GEDUNG

Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru dan Tendik, Ruang Belajar, Laboratorium (IPA, komputer, desain grafis),  Bengkel (Tata Busana, Pengelasan, Furniture), Musholla, UKS, Perpustakaan, Kantin, Toilet guru dan siswa, pos satpam.

SARANA

Lapangan Upacara, Lapagan dan sarana olahraga, Sarana kesenian

INFRATRUKTUR

Jalan raya dan jalan desa yang dilalui oleh warga sekolah, Pengadaan air bersih (PDAM), Saluran Pembuangan Limbah, jaringan internet (WiFi)

FASILITAS

Media dan alat pembelajaran, Bahan praktik siwa, alat peraga,

4.MODAL LINGKUNGAN ALAM

Ø  Lahan untuk berkebun yang ditanami sawit, dan persawahan di sekitar sekolah yang sering dijadikan tempat penelitian dan belajar di luar ruangan untuk murid.

Ø  Pasar yang terletak di dekat lokasi sekolah sebagai tempat pemasaran hasil karya murid.

Ø  Dunia Usaha dan Industri yang dijadikan tempat praktik murid.

5.MODAL FINANCIAL

Ø  Dana BOS

Ø  Dana DAK

Ø  Unit Produksi

Ø  Dana Aspirasi

Ø  Hasil penjualan sawit

Ø  Bebasiswa

6.MODAL POLITIK

1.Menjalin hubungan baik dengan anggota DPRD untuk menyalurkan aspirasi

2.Bekerja sama dengan POLSEK setempat dalam mendisiplinkan murid

3.Menjalin silaturahmi dengan Dinas Kesehatan dan Kebersihan  terkait PKLH

4.Menjalin komunikasi yang sehat dengan MUSPIKA di daerah lingkungan sekolah

7.MODAL AGAMA DAN BUDAYA

Agama

Menganut dan menjalankan agama yng homogen yaitu Islam, dan mayoritas penduduk di lingkungan sekitar juga menganut kepercayaan yang sama.

Budaya

Bersama-sama dengan warga sekitar memuliakan dan melestarikan kekayaan budaya daerah Aceh Utara, seperti:

Meudikee pada perayaan Maulid Nabi, Melestarikan kesenian tradisional yaitu Tari Ranup Lampuan di setiap acara sekolah.

 TERIMAKASIH,,,,,,,,,,,,,,,

SALAM BAHAGIA,,,,,,,,

 

 

 

 

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI