3.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Ingatlah kembali
sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti
apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari
sosok pemimpin tersebut?
Hal yang paling saya ingat dari sosok
pemimpin tersebut adalah bagaimana melaksanakan proses pendidikan di tengah
keterbatasan sarana, prasarana, biaya, dan tenaga. Beliau melakukan berbagai
inovasi, mengoptimalkan sumber daya yang ada, meminjam sarana dan
prasarana milik sekolah lain, dan rela bekerja lebih untuk pengembangan murid.
Setelah mengingat
sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok
pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Sosok pemimpin yang ideal adalah
pemimpin yang mampu menjadi panutan, memiliki visi, memberikan kesempatan
kepada anggota organisasi untuk berkembang, dan dapat mengembangkan organisasi
dengan optimal sesuai potensi yang dimiliki. Pemimpin yang idela sesuai dengan
filosofi pendidikan KHD, yaitu dapat diteladani, bisa menggerakkan, dan
memberikan dorongan, tuntunan kepada orang yang dipimpinnya.
Tugas pemimpin adalah memastikan
organisasi yang dipimpin memiliki perencanaan, melakukan pembagian tugas,
memastikan tugas telah dilaksanakan sesuai rencana, mengevaluasi, dan
memberikan penghargaan.
Masih ingatkah kita
apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila
kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah
faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah
ini.
Dalam pelajaran biologi, ekosistem
diartikan sebagai suatu proses yang terjadi karena adanya hubungan timbal balik
antara makhluk hidup dengan benda tak hidup di lingkungannya. Dalam konteks
ekosistem sekolah, terjadi hubungan timbal balik antara sumber daya manusia
dengan sarana-prasarana dan lingkungan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
ekosistem sekolah adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa
sumber daya manusia ⟮pemimpin dan bawahan), siswa, komite
sekolah sarana-prasarana ⟮Gedung, laboratorium,perpustakaan,
buku, peralatan lab, ruang kelas), dan biaya. Faktor eksternal berupa orang tua
siswa, masyarakat, organisasi lain, dan lingkungan sekitar.
Apa
yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Peran seorang pemimpin dalam
pengelolaan suber daya sekolah adalah mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki,
memetakan potensi yang dimiliki, dan menggunakan kekuatan dan potensi yang
dimiliki untuk mengembangkan potensi murid dengan optimal.
Sumber daya yang dimiliki sekolah
adalah guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, industri mitra sekolah,
sarana-prasarana, siswa, dan dana.
Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda
dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Posisi saya dalam ekosistem
sekolah adalah terlibat aktif dalam pengembangan potensi murid, memanfaatkan
sumberdaya yang dimiliki untuk kemajuan murid, membangun hubungan baik dengan
pimpinan, komite sekolah, guru lain, tenaga kependidikan, dan murid, serta
memberikan pengaruh positif dalam pengembangan sekolah.
Kekuatan yang saya miliki adalah mampu menggunakan sumber daya
secara optimal untuk mengembangkan potensi murid dan mampu memunculkan ide-ide
pengadaan dan pemanfaatan sumber daya. Kelemahan yang saya miliki adalah dalam
menggerakkan organisasi sekolah dalam pemanfaatan sumber daya, belum bisa
bergerak secara sinergi dengan semua komponen, karena tiap idividu memiliki
arah, kecepatan, d
Komentar
Posting Komentar