JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 14
Jurnal Refleksi
minggu ke-14.
Pada Minggu ke-14 ini, kegiatan
pembelajaran pada modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional PSE memasuki
tahap akhir. Saya mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur,
narasumber, dan sesama CGP. Saya juga membuat Koneksi Antar Materi dan rencana
Aksi Nyata. Koneksi antar materi yang saya buat berupa infografik dan artikel
yang menggambarkan pemahaman pada PSE dan kaitan antara PSE dan pembelajaran
berdiferensiasi. Padarencana aksi nyata, saya telah membuat RPP yang
terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi dan PSE. Rencananya, RPP ini
akan diterapkan pada pembelajaran di kelas pada minggu ke-4 bulan maret 2020.
Dalam elaborasi pemahaman, saya memperoleh tambahan informasi dan contoh-contoh
yang menguatkan pemahaman pada PSE. Ketika membuat koneksi antar materi, saya
membaca kembali materi PSE, mencermati video, tugas ruang kolaborasi, dan RPP
yang sudah dibuat, sehingga memperoleh gambaran utuh mengenai PSE dan kaitannya
dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran Modul 2.3 Coaching dimulai
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kasus yang ditemui di sekolah,
harapan pada diri, pada siswa, serta kegiatan, materi, dan hasil yag
diinginkan. Saya menjawab pertanyaan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman
saya ketika menghadapi siswa.
Penerapan Kompetensi Sosial dan Emosional dalam pembelajaran di
kelas merupakan hal baru bagi saya, meskipun untuk saya pribadi, sesekali
pernah melakukan teknik STOP untuk meningkatkan kesadaran penuh. Dalam
merencanakan aksi nyata di kelas, awalnya saya merasa bingung akan menerapkan
KSE yang mana. Untuk menghadapi kebingungan tersebut, saya mengikuti elaborasi
pemahaman, membaca beberapa contoh penerapan KSE di kelas, dan berdiskusi
dengan rekan CGP. Hal-hal tersebut membuat saya merasa lebih siap, tidak
bingung lagi untuk menerapkan KSE di kelas. Saya antusias ketika mengikuti alur
pembelajaran di modul PSE, dan bersemangat untuk menerapkan KSE dalam
pembelajaran di kelas. Modul 2.3 Coaching merupakan hal menarik bagi saya, dan
saya akan mempelajarinya dengan baik, memanfaatkan berbagai media yang ada.
Pembelajaran
minggu ini membuat saya lebih memahami PSE. Pengalaman dari instruktur yang
dibagikan kepada CGP membuat saya mendapat inspirasi tentang penerapan KSE di
kelas. Saya mendapat inspirasi berupa contoh-contoh yang dapat saya modifikasi
dan adaptasi untuk diterapkan. Saya juga mendapat pembelajaran berupa mencoba
praktik teknik STOP bersama instruktur selama pembelajaran. Melalui proses
pembelajaran ini, saya menyadari bahwa KSE sangat diperlukan oleh guru untuk
melakukan berbagai kegiatan dan untuk mengoptimalkan potensi siswa.
Dengan mempelajari modul
PSE, saya dapat mengenali perasaan, mengelola diri, memahami orang lain,
membangun komunikasi, dan mengambil keputusan dengan lebih baik. Sehingga, saya
akan mampu melaksanakan pembelajaran, kegiatan sekolah, kegiatan di masyarakat,
dan di keluarga dengan lebih baik, responsive, dan bertanggung jawab. Saya juga
bisa membelajarkan siswa 5 KSE melalui integrasi dalam pembelajaran,
membelajarkan secara eksplisit, mengubah kebijakan sekolah, dan mempengaruhi
pola pikir siswa. Melalui penerapan KSE, saya yakin siswa akan menjadi orang
yang mampu menghadapi masalah, menemukan solusi atas masalahnya, dan menjadi
orang yang berkarakter baik.
Komentar
Posting Komentar