2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Iskandar
Cgp Angkatan 4 Aceh Utara
2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial
dan Emosional
Pembelajaran
Sosial Emosional adalah Kemampuan menerapkan kesadaran diri penuh, mengelola
emosi, empati resiliensi,dan mengambil keputusan yang tepat.
Diatas
adalah Roda Emosi Plutchik yang pernah dialami manusia . Dalam menghadapi
realita kehidupan sehari - hari baik sebagai pendidik maupun sebagai warga
masyarakat harus mampu mengelola Emosi sesuai dengan kondisi yang dihadapi
dengan menamkan Kesadaran Penuh ( Mindfullness).
Kompetensi
Sosial Emosional ( Casel ) terdiri dari :
-
Pengenalan Emosi
-
Mengelola Emosi ( fokus )
- Empati
-
Reselensi / Ketangguhan
-
Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab
Ruang
Lingkup Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional
1.
Kegiatan rutin: kegiatan yang dilakukan di luar waktu belajar akademik
sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing (Mis. ekskul, perayaan hari besar,
kegiatan sekolah, apel pagi, kerja bakti, senam bersama, kunjungan perpustakaan
yang dijadwalkan, membaca bersama, seminar/pelatihan)
2.Terintegrasi
dalam pembelajaran: sebagai strategi pembelajaran atau diintegrasikan dalam
kurikulum (contoh integrasi PSE dalam RPP:
3.
Protokol: budaya atau aturan sekolah yang sudah menjadi kesepakatan bersama dan
diterapkan secara mandiri oleh murid atau sebagai kebijakan sekolah untuk
merespon situasi atau kejadian tertentu. Misalnya, menjaga ketenangan di ruang
perpustakan, berdoa di mushola sekolah dengan khidmat, dll.
Hubungan
Pembelajaran Sosial Emosional dengan Modul Sebelumnya adalah untuk Mewujudkan
Pelajar Pancasila pada Sekolah yang memiliki Visi Sekolah Yang Berpihak Pada
Murid.
Komentar
Posting Komentar