2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional

 

Iskandar

Cgp Angkatan 4 Aceh Utara

 

2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional

 

Pembelajaran Sosial Emosional adalah Kemampuan menerapkan kesadaran diri penuh, mengelola emosi, empati resiliensi,dan mengambil keputusan yang tepat.

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4eI00PhxDcvwHVjNlUcT4E0cKr_O4uoxpaNuaXCkOVMck6xOpMrBM_hTOmm9olE-cCuAnp-grfoKQeVTcJbXeoqxW0ZKKp_3d7vf-ra4E6sqnADwJORpLe2iVVklxzbOYFM0sM2vwKdcH/s320/Roda-Emosi-Plutchik.png

 

 

 

 

Diatas adalah Roda Emosi Plutchik yang pernah dialami manusia . Dalam menghadapi realita kehidupan sehari - hari baik sebagai pendidik maupun sebagai warga masyarakat harus mampu mengelola Emosi sesuai dengan kondisi yang dihadapi dengan menamkan Kesadaran Penuh ( Mindfullness). 

 

Kompetensi Sosial Emosional ( Casel ) terdiri dari :

- Pengenalan Emosi

- Mengelola Emosi ( fokus )

- Empati

- Reselensi / Ketangguhan

- Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab

 

 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq5dcTKMF6fLTZTcX1VYLMLyzcZ8yqJQIUlXKI7goEhjLFHFuIxnkHuk6eaxC-xGsmy6XKyWfgufjHEmoG4ukZiBZvI3vz11vFy7bZ8KHHylGCITUvv2Ge5ITfEC8RRx3f_9nsDvQY3Lgb/s280/casel.png

 

 

 

 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS2QQHCOHyIf62iDiqH10a8hyphenhyphenAxXa0bm7b_w8Mp_27K8v0-gCDk33Y_x9YT7qJ2BYXY3KGTFc_UBD3EJPpbxdMovoZ3AnYp8AkWyRMZs2tXvCfgmSwglIIbwNiKa-E2_9WA50qUl_SVlP4/s280/Gambar-kesadaran-penuh.png

 

 

 

Ruang Lingkup Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional

1. Kegiatan rutin:  kegiatan yang dilakukan di luar waktu belajar akademik sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing (Mis. ekskul, perayaan hari besar, kegiatan sekolah, apel pagi, kerja bakti, senam bersama, kunjungan perpustakaan yang dijadwalkan, membaca bersama, seminar/pelatihan)

 

2.Terintegrasi  dalam pembelajaran: sebagai strategi pembelajaran atau diintegrasikan dalam kurikulum (contoh integrasi PSE  dalam RPP: 

 

 

3. Protokol: budaya atau aturan sekolah yang sudah menjadi kesepakatan bersama dan diterapkan secara mandiri oleh murid atau sebagai kebijakan sekolah untuk merespon situasi atau kejadian tertentu. Misalnya, menjaga ketenangan di ruang perpustakan, berdoa di mushola sekolah dengan khidmat, dll. 

 

Hubungan Pembelajaran Sosial Emosional dengan Modul Sebelumnya adalah untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila pada Sekolah yang memiliki Visi Sekolah Yang Berpihak Pada Murid.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1