unggah tugas rpp diverensiasi

 

Pak Iskandar adalah seorang guru di SD Negeri 7 Baktiya , Aceh Utara. Pak Iskandar mendapat tugas  sebagai guru kelas  5. Dikelasnya  terdapat aneka  ragam siswa dengan  tingkat  kemampuan  berbeda   beda.  Untuk  dapat  mengakomodasi kebutuhan belajar siswanya Pak Iskandar Membuat Pemetaan Kebutuhan Belajar. Terdapat 2 orang siswa yang belum lancar membaca. 4 orang siswa yang masih sulit memahami isi bacaan. Ada juga 1 orang siswa penakut dan ada juga 4  orang siswa yang pemalu. Berikut adalah RPP Berdiferensial yang dirancang oleh Pak Iskandar untuk  memenuhi kebutuhan belajar siswanya  baik itu dari  aspek konten,proses maupun produk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                             :SD Negeri  7 Baktiya

Kelas /Semester                : V/2 (dua )

Tema         7                      :  Peristiwa dalam Kehidupan

Sub tema 2                        :  Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Pembelajaran ke-             : 2

Fokus Pembelajaran       : Bahasa Indonesiadan IPA.SBdP

Alokasi Waktu                 :6 x 35 menit(6 JP)

 

A. KOMPETENSI INTI (KI)

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam

berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan  yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan  yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI Bahasa Indonesia

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mengidentifikasifaktor-faktor penting

penyebab    penjajahan    bangsa    Indonesia

danupaya    bangsa    Indonesia    dalam mempertahankan kedaulatannya..

3.4.1  Menganalisis informasi yang disampaikan

paparan   iklan   dari   media   cetak   atau

elektronik

4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai

faktor-faktor  penting  penyebab  penjajahan

bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesiadalam mempertahankan kedaulatannya.

4.5.1   Memeragakan   kembali   informasi   yang

disampaikan   paparan   iklan   dari   media

cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual


IPA


 

Kompetensi Dasar                                  Indikator Pencapaian Kompetensi


 

3.7   Menganalisis   pengaruhkalor   terhadap

perubahansuhu  dan  wujud  bendadalam

kehidupan seharihari

3.7.1menganalisis    pengaruh    kalor    terhadap

perubahan suhu dan wujud benda dalam

kehidupan sehari-hari;

4.7   Melaporkan   hasilpercobaan   pengaruh

kalorp ada benda

4.7.1  melaporkan   hasil   percobaan   pengaruh

kalor pada benda

 

SBdP

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Memahami pola lantaidalam tari kreasi

Daerah

3.3.1  Memperagakan     gerak     tarian     daerah

dengan menggunakan properti

4.3 Mempraktikkan pola lantaipada gerak tari

kreasidaerah..

4.3.1Menuliskan      perbedaan      antara      lagu

bertangga nada mayor dan minor

 

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan melakukan percobaan, siswa mengetahui kalor dapat menyebabkan perubahan

wujud benda dengan penuh tanggung jawab.

2.   Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.

3.   Dengan bercerita, siswa dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa setelah pembacaan teks

Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.

4.            Dengan mengamati video, siswa dapat mempraktikkan gerak tari dengan pola lantai yang benar.

 

D. MATERI PEMBELAJARAN

1. Teks Penjelasan peristiwa penting pada masa pemerintahan colonial Inggrisdan Belanda

2. Teks, menjelaskan perubahan wujud benda padat, cair, dan gas.

3.T a r i  P o l a  L a n t a i

 

E. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran Model  :          Saintifik/PBL

Metode Pembelajaran                    :          Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,

penugasan, dan ceramah.

 

F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat          :1. Teks bacaan.

2. Infokus/Laptop

3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar. Bahan                  : -

Sumber Belajar   :1.   Buku   Guru   dan   Buku   Siswa   Kelas   V,   Tema   6:   Panas   dan

Perpindahannya.  Buku  Tematik  Terpadu  Kurikulum  2013  (Revisi

2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bahan     Bacaan     :      https://www.mikirbae.com/2018/02/percobaan- perubahan-wujud-benda.html

Link         Youtube         Video         Perubahan         Wujud         Benda

https://www.youtube.com/watch?v=b2zRk9xGapo

Link You tube Tarian :  https://www.youtube.com/watch?v=uGvcBfliYUI

Link Yiutube Lagu Hari Merdeka : https://www.youtube.com/watch?v=vWGRErU9vSU

Bahan Bacaan  : https://www.mikirbae.com/2018/02/peristiwa-menjelang-dan-sesudah.html

https://www.google.com/search?q=Gambar+Bercerita+Peristiwa+Menjelang+dan+Sesudah

+Pembacaan+Teks+Proklamasi+Kemerdekaanhttps://www.google.co. id&safe=strict&client=firefox-b- d&sxsrf=ALeKk01FxjXRGqwE2vZLVuC1K7QUp_yTWg:16128612400

01&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjbmKCquNzuAhX

78XMBHQDMAucQ_AUoAnoECAYQBA&biw=1366&bih=654

Bahan  Percobaan  :  Lilin,  Kamper,  Korek  Gas,  Celengan  (  Kaleng  bekas  ),  Gelas

Alumunium,Sendok,Mentega,Es Batu.


G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

Kegiatan

 

Deskripsi

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek

kehadiran siswa.

2.     Kelas   dilanjutkan   dengan   doa   dipimpin   oleh   salah   seorang siswa. (PPK Religus / KSE PENGELOLAAN EMOSI=RUTIN)

3.    Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali

setiap   kegiatan   dengan   doa.   Selain   berdoa,   guru   dapat

memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.     Siswa    diajak    menyanyikan    Lagu    Indonesia    Raya.    Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK NASIONALISME/KSE PENGELOLAAN EMOSI=RUTIN)

5.    Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan

aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.    Siswa  menyimak  penjelasan  guru  tentang  pentingnya  sikap

disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.     Pembiasaan     membaca.     Siswa     dan     guru     mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.     Siswa    diajak    menyanyikan    lagu    daerah    setempat    untuk menyegarkan suasana kembali.

15 menit

Kegiatan inti

   Pada awal pembelajaran, guru memberikan pengantar dengan

Bahan Bacaan yang menunjukkan adanya perubahan wujud benda

dalam   kehidupan   sehari-hari.   Dan   memberikan pertanyaan pemantik untuk merangsang siswa . Jawaban di tulis di kertas post it.(Orientasi peserta didik pada masalah )

    Untuk   mengakomodasi   siswa   yang   belum   dapat   membaca dengan lancar guru juga menayangkan video. Untuk yang sulit menuliskan    boleh     menjawab     dengan     lisan.(     Diferensiasi

Konten dan Proses )

   Guru membagikan siswa menjadi 3 kelompok. ( Membimbing

siswa untuk belajar

)=KSE KESADARAN SOSIAL EMPATI

Kegiatan pembelajaran ini dapat dilakukan

dengan beberapa cara, antara lain:

Ayo Berlatih ( Membimbing Penyelidikan Individu/kelompok ) Padakegiatan Ayo Berlatih:

o Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui perubahan wujud benda yang disebabkan oleh panas atau kalor.

o  Kegiatan percobaan dapat dilakukan di dalam kelas/kelompok masing – masing.

o • Guru menunjuk para petugas untuk melakukan percobaan.

o Siswa yang takut melakukan percobaan akan dibimbing guru.

(diferensiasi Proses )

o Siswa yang lain mengamati dan mencatat setiap peristiwa yang terjadi selama proses percobaan.(KEGIATAN THINK- WRITE-SHARE (KSE - pengelolaan emosi dan fokus)

 

o Guru meminta kepada petugas untuk melakukan presentasi hasil percobaan. (    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya )

 

o      Guru    bersama-sama    siswa    membuat    kesimpulan    hasil percobaan.   (Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

180

menit


Untuk Merefresh murid Guru mengajak murid melakukan teknik

STOP sebelum mengikuti pembelajaran selanjutnya

(KSE PENGELOLAAN EMOSI )

Siswa membaca teks yang berjudul Peristiwa Menjelang dan

Sesudah    Pembacaan    Teks    Proklamasi    Kemerdekaan.    ( Orientasi Masalah )

Untuk  siswa  yang  belum  lancar  membaca  diberikan  gambar

bercerita dan guru membimbing ( Diferensiasi Proses )

Siswa membaca dalam hati secara cermat selama 20 menit.(

Mengorganisasikan siswa untuk belajar )

•Guru    menguji    pemahaman    siswa    dengan    memberikan

pertanyaan secara lisan untuk dijawab secara rebutan oleh siswa.

• Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi setiap  jawabansiswa.

(KSE Pengelolaan Emosi dan Fokus)

Padakegiatan Ayo Berlatih:

  Siswa  secara mandiri  menjawab  pertanyaan  dengan  mengisi

kolom     peta   pikiran   pada   buku   siswa.      (Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok)

 Guru  berkeliling  dan     membantu  siswa  yang  mengalami kesulitan dalam mengerjakan. (diferensiasi proses )

Jika sudah selesai, guru memberikan kesempatan kepada siswa

untuk                        bergiliran                          mempresentasikan

hasilnya.(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)

 

• Guru memberikan konfirmasi, apresiasi, dan penguatan kepada setiap  jawaban  siswa.(Menganalisis  dan  mengevaluasi proses pemecahan masalah)

 

Ayo Bernyanyi

Pada kegiatan Ayo Bernyanyi:

    Siswa    berlatih    menyanyikan    lagu    Hari    Merdeka”.(

Mengorganisaskan Pada Masalah)/ KSE PENGELOLAAN EMOSI

•Guru   memberi   contoh   cara   menyanyikan   lagu   itu,   lalu mengajak siswa menyanyikan bersama-sama.

 Kegiatan  ini  dilakukan  berulang-ulang  hingga  siswa  dapat menyanyikan    denganbenar.    Selanjutnya,    Guru    menunjuk

beberapa  siswa  untuk  menyanyikan  lagu  tersebut  di  depan teman-temannya.  Siswa  yang  ditunjuk  dapat  diminta menyanyikan   sendiri   atau   bersama   siswa   lain   yang   juga ditunjuk.

Untuk siswa yang pemalu biasanya enggan maju didepan kelas guru dapat mendampingi dengan berduet ( Diferensiasi Proses )

Dalam bernyanyi, siswa harus memperhatikan nada dan tempo

yang benar.

Berdiskusi ( Mengorganisasikan Siswa Belajar ) Padakegiatan Ayo Berdiskusi:

Siswa berdiskusi mengenai berbagaibentuk karya tari.

Guru memperlihatkan  video bentuk tari tunggal  yang benar-

benar dilakukan oleh satu orang penari, berpasangan yang benar- benar dilakukan oleh dua orang penari secara berpasangan, dan kelompok yang dilakukan oleh banyak penari secara berkelompok. Kemudian, siswa mengamati    pola lantai pada setiap karya tari. (Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok)


 

 

Siswa membuat kesimpulan mengenai pola lantai yang di

lihat          pada  setiap  tarian.  Guru  mempertegas  dengan

memberikan     gambaran, bahwa pola     lantai tarian  yang dilakukan  oleh  satu  orang penari  dapat  dilihat  dari  garis- garis di lantai yang dilalui oleh penari pada saat melakukan gerak tari.  Pola lantai  tari  berpasangan ataupun  kelompok dapat   dilihatberupa garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari dan juga dapat dilihat berupa formasi yang dibuat oleh penari kelompok.

 

Penutup

1.    Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang

telah berlangsung:

Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?KSE Kesadaran diri

Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? ( PPK Nasionalisme )KSE Empati

2.    Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.    Siswa     menyimak     penjelasan     guru     tentang     aktivitas

pembelajaran     pada     pertemuan     selanjutnya.     Termasuk menyampaikan  kegiatan  bersama  orangtua

4.    Siswa  menyimak  cerita  motivasi  tentang  pentingnya  sikap

disiplin.

5.    Siswa  melakukan  operasi  semut  untuk  menjaga  kebersihan kelas.

6.    Kelas  ditutup  dengan  doa  bersama  dipimpin  salah  seorang siswa.(KSE Pengelolaan Emosi  = Ritin )

15 menit

 

H. PENILAIAN

1. Teknik Penilaian a. Penilaian Sikap

Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap

disiplin.

 

 

 

 

 

 

 

b. Penilaian Pengetahuan

 

Muatan

 

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa

Indonesia

a. Rubrik Berlatih (Penilaian IPA dan

Bahasa Indonesia)Berilah tanda centang

 

kriteria.

c. Rubrik Presentasi

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

IPA

a. Rubrik Berlatih (Penilaian IPA dan

Bahasa Indonesia)Berilah tanda centang

pada bagian yang memenuhi kriteria.

c. RubrikPresentasi

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

SBDP

Penilaian uji unjuk kerja

a. Rubrik Menyanyi

 

 

 

A.  Unjuk Kerja

Membuat  Kesimpulan  dari  Bacaan    dalam  bentuk  peta pikiran, atau infografis.


Bentuk Penilaian : Tertulis dan Lisan untuk siswa yang belum mahir merangkai kata - kata, dan memiliki perbendaharaan kata. (Diferensiasi Produk)Instrumen Penilaian : Daftar Periksa KD BI 3.3 dan 4.3

 

 

 

 

 

Muatan

 

Indikator

Teknik

Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa

Indonesia

a. Rubrik Berlatih (Penilaian IPA dan

Bahasa Indonesia)Berilah tanda centang

 

kriteria.

c. Rubrik Presentasi

Diskusi dan

unjuk hasil

Rubrik penilaian pada

BG halaman 13-14.

IPA

a. Rubrik Berlatih (Penilaian IPA dan

Bahasa Indonesia)Berilah tanda centang

 

kriteria.

c. RubrikPresentasi

Unjuk kerja

dan hasil

Rubrik penilaian pada

BG halaman 16-17.

SBDP

Penilaian uji unjuk kerja

a. Rubrik Menyanyi

 

 

 

c. Remedial

Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat

diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh

siswa  lain  yang  telah  sangat  terampil  dalam  menemukan  gagasan  pokok  dan  gagasan pendukung.

 

d. Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

 

Mengetahui                                                                Baktiya,                 2022

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas V,

 

 

 

Razali, S.Pd                                                                            Iskandar, S.Pd

NIP. 196712311988011011                                          Nip.19790202200604 1 007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI