JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 9

 

Jurnal Refleksi Minggu ke-9 Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

ISKANDAR GURU PENGGERAK ANGKATAN 4  ACEH UTARA

Modul 2.1.A. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Model 9: Gaya Round Robin

1.  Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?

 

Hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini adalah Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep. Di forum ini saya dituntut untuk mengeksplorasi pemahaman terkait Strategi pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, dan produk) dan menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.

 

Di sini kami diasah untuk berkolaborasi dan berdiskusi berbagi ide dan pendapat dengan sesama teman CGP. Saya jadi termotivasi untuk lebih mendalami materi pembelajaran berdiferensiasi.

 

Di minggu yang ke-9 Pendidikan Guru Penggerak yang saya ikuti terdapat beberapa materi dan kegiatan/aktifitas pembelajaran yang harus dilakukan di Room LMS meliputi:

 

a. Pre-test Paket modul 2

 

Dalam pre test paket modul 2, saya dituntut untuk menyelesaiakan 12 soal pilihan ganda dan tiga soal menjodohkan. Namanya juga pre test sebagai proses awal yang harus dilewati untuk menguji dan mengetahui tingkat kemampuan awal peserta pendidikan guru penggerak mengenai materi yang dipelajari terkait praktek pembelajaran yang berpihak pada murid.

 

b. 2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1 

 

Di bagian ini saya diharapkan dapat mengaktivasi pengetahuan yang telah saya miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin diketahui lebih lanjut.

 

 

 

c. 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Dalam aktifitas ini terdapat 15 pages yang harus diikuti dan didalami. Setelah melalui 15 pages aktifitas saya jadi paham tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan minat, kesiapan, dan profil belajar.

 

d. 2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep

 

Forum diskusi saya harus mampu menunjukan pemahaman tentang berbagai strategi pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, dan produk) serta menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.

"Eksplorasi konsep yang luar biasa tentang pembelajaran berdiferensiasi dan disampaikan secara jelas dan lengkap. dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi kita tidak hanya dituntut untuk bisa menjalankan strategi diferensiasi konten, proses atau produk saja agar dapat memenuhi kriteria pembelajaran berdiferensiasi.

 

Lebih jauh dari itu kita dituntut untuk menciptakan komunitas belajar dengan iklim kelas yang positif yaitu : (1) Setiap orang di dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik. Dalam hal ini hubungan guru dengan murid serta antara murid dengan murid sangat ideal. (2) Setiap orang di dalam kelas tersebut saling menghargai. (3) Murid akan merasa aman (secara fisik dari psikis terhindar dari tekanan ketika menjalankan aktivitas belajar). (4) Ada harapan bagi pertumbuhan. Sekecil apapun perubahan yang ditunjukan oleh murid dianggap sebuah pertumbuhan yang patut diapresiasi. (5) Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan. Guru melakukan scafolding dalam memberikan bantuan kepada murid demi mencapai tujuan. (6) Ada keadilan dalam bentuk nyata. Dalam hal ini guru memastikan semua murid mendapatkan apa yang dia butuhkan untuk sukses. (7) Guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

 

Dalam hal ini guru dan murid adalah tim yang harus bekerja sama dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan/ kesuksesan. Kesulitan yang dihadapi dalam implementasi di sekolah seperti layaknya kebaruan pasti terbayangkan akan mendapatkan hambatan dari orang-orang yang tidak bisa langsung menerima sebuah perubahan. Sangat tertarik dengan diagram frayer yang dilengkapi dengan gambar komik. Menunjukan inovasi dan kreativitas. Tetap semangat dan salam guru penggerak".

 

e. 2.1.a.4.2. Unggah Tugas - Eksplorasi Konsep 

 

Ada tugas-tugas yangharus kami kerjakan:

 

1) Pemetaan kebutuhan murid untuk salah satu materi yang saat ini Anda ajarkan di kelas, dengan menggunakan salah satu dari 3 pendekatan (minat, kesiapan, dan profil belajar).

 

 

 

f. 2.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 2.1

 

Pada kegiatan ini, saya melakukan kegiatan diskusi secara daring untuk meningkatkan pemahaman saya terkait dengan strategi diferensiasi, khususnya dalam menyusun rencana pembelajaran. Di akhir kegiatan, saya diminta untuk mengumpulkan Rencana Pembelajaran yang telah dibuat secara berkelompok pada sesi ini.

 

Sesi satu yaitu Dalam sesi pembelajaran ini, kami mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi,  karena Anda tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan dengan sesama CGP. Kami berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. kami diminta untuk membuat sebuah rencana pembelajaran untuk satu materi yang dapat Anda pilih sendiri.

 

 

2. Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

 

Implementasi dan apalikasi pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran. Langkah awal adalah dengan menggali dari berbagai sumber literasi terkait pembelajaran berdiferensiasi dari mulai apa itu pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan mencari berbagai contoh aplikasi pembelajaran berdiferensiasi. Selain studi literasi saya juga coba berdiskusi dan berbagi dengan teman sesama CGP membahas pembelajaran berdiferensiasi dan aplikasinya.

Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.

Ketika harus merubah kesepakatan awal terkait materi dan mata pelajaran yang akan dijadikan sebagai pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Menjadi Sebuah tantangan harus harus saya lalui bahwa pembelajaran berdiferensiasi tidak khususkan terhadap salah satu mata pelajaran. Tetapi bagaimana seluruh mata pelajaran mampu mengimplentasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya masing-masing.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI