JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 9
Jurnal Refleksi Minggu ke-9 Modul
2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi
ISKANDAR GURU PENGGERAK ANGKATAN
4 ACEH UTARA
Modul 2.1.A. Memenuhi Kebutuhan
Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Model 9: Gaya Round Robin
1. Apa hal yang paling Anda
kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa
membuat Anda sangat menguasainya?
Hal yang paling Anda kuasai
setelah pembelajaran hari ini adalah Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep. Di
forum ini saya dituntut untuk mengeksplorasi pemahaman terkait Strategi
pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, dan produk) dan menyimpulkan apa
yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram
Frayer.
Di sini kami diasah untuk
berkolaborasi dan berdiskusi berbagi ide dan pendapat dengan sesama teman CGP.
Saya jadi termotivasi untuk lebih mendalami materi pembelajaran
berdiferensiasi.
Di minggu yang ke-9 Pendidikan
Guru Penggerak yang saya ikuti terdapat beberapa materi dan kegiatan/aktifitas
pembelajaran yang harus dilakukan di Room LMS meliputi:
a. Pre-test Paket modul 2
Dalam pre test paket modul 2,
saya dituntut untuk menyelesaiakan 12 soal pilihan ganda dan tiga soal
menjodohkan. Namanya juga pre test sebagai proses awal yang harus dilewati
untuk menguji dan mengetahui tingkat kemampuan awal peserta pendidikan guru
penggerak mengenai materi yang dipelajari terkait praktek pembelajaran yang
berpihak pada murid.
b. 2.1.a.3. Mulai dari Diri -
Modul 2.1
Di bagian ini saya diharapkan
dapat mengaktivasi pengetahuan yang telah saya miliki terkait dengan
pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin diketahui
lebih lanjut.
c. 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep -
Modul 2.1
Dalam aktifitas ini terdapat 15
pages yang harus diikuti dan didalami. Setelah melalui 15 pages aktifitas saya
jadi paham tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan
melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan minat, kesiapan, dan
profil belajar.
d. 2.1.a.4.1. Forum Diskusi -
Eksplorasi Konsep
Forum diskusi saya harus mampu
menunjukan pemahaman tentang berbagai strategi pembelajaran berdiferensiasi
(konten, proses, dan produk) serta menyimpulkan apa yang dimaksud dengan
pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.
"Eksplorasi konsep yang luar
biasa tentang pembelajaran berdiferensiasi dan disampaikan secara jelas dan
lengkap. dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi kita tidak hanya
dituntut untuk bisa menjalankan strategi diferensiasi konten, proses atau
produk saja agar dapat memenuhi kriteria pembelajaran berdiferensiasi.
Lebih jauh dari itu kita dituntut
untuk menciptakan komunitas belajar dengan iklim kelas yang positif yaitu : (1)
Setiap orang di dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik.
Dalam hal ini hubungan guru dengan murid serta antara murid dengan murid sangat
ideal. (2) Setiap orang di dalam kelas tersebut saling menghargai. (3) Murid
akan merasa aman (secara fisik dari psikis terhindar dari tekanan ketika
menjalankan aktivitas belajar). (4) Ada harapan bagi pertumbuhan. Sekecil
apapun perubahan yang ditunjukan oleh murid dianggap sebuah pertumbuhan yang
patut diapresiasi. (5) Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan. Guru melakukan
scafolding dalam memberikan bantuan kepada murid demi mencapai tujuan. (6) Ada
keadilan dalam bentuk nyata. Dalam hal ini guru memastikan semua murid
mendapatkan apa yang dia butuhkan untuk sukses. (7) Guru dan siswa
berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.
Dalam hal ini guru dan murid
adalah tim yang harus bekerja sama dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan/
kesuksesan. Kesulitan yang dihadapi dalam implementasi di sekolah seperti
layaknya kebaruan pasti terbayangkan akan mendapatkan hambatan dari orang-orang
yang tidak bisa langsung menerima sebuah perubahan. Sangat tertarik dengan
diagram frayer yang dilengkapi dengan gambar komik. Menunjukan inovasi dan
kreativitas. Tetap semangat dan salam guru penggerak".
e. 2.1.a.4.2. Unggah Tugas -
Eksplorasi Konsep
Ada tugas-tugas yangharus kami
kerjakan:
1) Pemetaan kebutuhan murid untuk
salah satu materi yang saat ini Anda ajarkan di kelas, dengan menggunakan salah
satu dari 3 pendekatan (minat, kesiapan, dan profil belajar).
f. 2.1.a.5. Ruang Kolaborasi -
Modul 2.1
Pada kegiatan ini, saya melakukan
kegiatan diskusi secara daring untuk meningkatkan pemahaman saya terkait dengan
strategi diferensiasi, khususnya dalam menyusun rencana pembelajaran. Di akhir
kegiatan, saya diminta untuk mengumpulkan Rencana Pembelajaran yang telah
dibuat secara berkelompok pada sesi ini.
Sesi satu yaitu Dalam sesi
pembelajaran ini, kami mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, karena Anda tidak hanya akan berdiskusi dengan
fasilitator, melainkan dengan sesama CGP. Kami berkolaborasi untuk mendapatkan
pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. kami diminta
untuk membuat sebuah rencana pembelajaran untuk satu materi yang dapat Anda
pilih sendiri.
2. Apa hal yang belum Anda kuasai
setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal
tersebut?
Implementasi dan apalikasi
pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran. Langkah awal adalah
dengan menggali dari berbagai sumber literasi terkait pembelajaran
berdiferensiasi dari mulai apa itu pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana
membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan mencari berbagai contoh aplikasi
pembelajaran berdiferensiasi. Selain studi literasi saya juga coba berdiskusi
dan berbagi dengan teman sesama CGP membahas pembelajaran berdiferensiasi dan
aplikasinya.
Apa hal yang masih membingungkan
Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal
tersebut membingungkan.
Ketika harus merubah kesepakatan
awal terkait materi dan mata pelajaran yang akan dijadikan sebagai pembuatan
rencana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Menjadi Sebuah tantangan
harus harus saya lalui bahwa pembelajaran berdiferensiasi tidak khususkan
terhadap salah satu mata pelajaran. Tetapi bagaimana seluruh mata pelajaran
mampu mengimplentasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya masing-masing.
Komentar
Posting Komentar