2.1.a.6 Refleksi Terbimbing- Modul 2.1
2.1.a.6. Refleksi
Terbimbing - Modul 2.1
Tujuan
Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan refleksi dan
metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lalui serta
menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang
diampunya.
1. Dari apa yang sudah
Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi
permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
Berdasarkan apa yang telah saya pelajari pada modul ini
pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi bagi permasalahan terkait
pembelajaran di kelas saya., dimana pada materi ini fokus dalam melihat
kesiapan belajar siswa, pemetaan minat kemampuan siswa, dan profil belajar
siswa. Bila siswa siap belajar, maka pembelajaran akan sangat mudah
dilaksanakan. Selain itu, pemberian tugas yang lebih flesibel, mudah di
terapkan memungkinkan siswa untuk berekspresi sesuai keinginan dan bakatnya,
juga membuat siswa lebih senang belajar serta tidak merasa di paksa untuk
melakukan sesuatu yang disuka, itu hal yang menurut saya sangat baik untuk
dilaksanakan.
2. Apa yang menurut Anda
sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
Hal yang sulit diterapkan yakni pada proses pembelajaran
yang mengakomodir semua kemampuan bakat dan minat siswa dalam belajar,
kendalanya karena:
a. Mengenali kebutuhan belajar murid. Dengan jumlah siswa
yang mencapai 30 orang dengan beraneka ragam latar belakang, tentunya perlu
waktu yang ekstra bagi seorang guru untuk mengenali kebutuhan belajar muridnya
b. bagaimana mendesain variasi pembelajaran yang dapat
memenuhi semua kebutuhan murid tersebut . jika hanya satu atau beberapa mungkin
murid mungkin masih bisa, tapi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh
siswa itu yang masih membuat saya ragu.
c.Sistem kurikulum yang diterapkan hanya mengarah pada hasil
akhir pedagogik aspek pengetahuan, dan saat ini masih berdasarkan angka,
sedangkan yang diharapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi proses dan produk
pun jadi bagian dalam pembelajaran ini.
d. Kurikulum yang masih berlaku belum sinkron dengan yang
sedang berjalan, kondisi karakter siswa yang berbeda-beda apalagi apabila ada
siswa yang mengalami difable/disabilitas/inklusif.
e.Pemahaman orang tua bahwa belajar itu bersumber dari buku,
padahal sumber belajar bisa dari mana saja.
3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit
tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan
dapat mengakses dukungan tersebut.
a.Kolaborasi /kerjasama , rekan sejawat, kepala sekolah ,
wali Murid untuk saling menguatkan serta
arahan dan bimbingan dari pengawas sekolah ,Dinas pendidikan .dan yang sangat
penting kesiapan siswa untuk belajar
b. Tersedianya perangkat pembelajaran dan perangkat
penilaian yang sudah matang dan siap di laksanakan.
Komentar
Posting Komentar