2.1.a.6 Refleksi Terbimbing- Modul 2.1

 

2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lalui serta menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diampunya.

 

 1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Berdasarkan apa yang telah saya pelajari pada modul ini pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi bagi permasalahan terkait pembelajaran di kelas saya., dimana pada materi ini fokus dalam melihat kesiapan belajar siswa, pemetaan minat kemampuan siswa, dan profil belajar siswa. Bila siswa siap belajar, maka pembelajaran akan sangat mudah dilaksanakan. Selain itu, pemberian tugas yang lebih flesibel, mudah di terapkan memungkinkan siswa untuk berekspresi sesuai keinginan dan bakatnya, juga membuat siswa lebih senang belajar serta tidak merasa di paksa untuk melakukan sesuatu yang disuka, itu hal yang menurut saya sangat baik untuk dilaksanakan.

2.  Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Hal yang sulit diterapkan yakni pada proses pembelajaran yang mengakomodir semua kemampuan bakat dan minat siswa dalam belajar, kendalanya karena:

a. Mengenali kebutuhan belajar murid. Dengan jumlah siswa yang mencapai 30 orang dengan beraneka ragam latar belakang, tentunya perlu waktu yang ekstra bagi seorang guru untuk mengenali kebutuhan belajar muridnya

b. bagaimana mendesain variasi pembelajaran yang dapat memenuhi semua kebutuhan murid tersebut . jika hanya satu atau beberapa mungkin murid mungkin masih bisa, tapi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh siswa itu yang masih membuat saya ragu.

c.Sistem kurikulum yang diterapkan hanya mengarah pada hasil akhir pedagogik aspek pengetahuan, dan saat ini masih berdasarkan angka, sedangkan yang diharapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi proses dan produk pun jadi bagian dalam pembelajaran ini.

d. Kurikulum yang masih berlaku belum sinkron dengan yang sedang berjalan, kondisi karakter siswa yang berbeda-beda apalagi apabila ada siswa yang mengalami difable/disabilitas/inklusif.

e.Pemahaman orang tua bahwa belajar itu bersumber dari buku, padahal sumber belajar bisa dari mana saja.

3.  Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

a.Kolaborasi /kerjasama , rekan sejawat, kepala sekolah , wali Murid  untuk saling menguatkan serta arahan dan bimbingan dari pengawas sekolah ,Dinas pendidikan .dan yang sangat penting kesiapan siswa untuk belajar

b. Tersedianya perangkat pembelajaran dan perangkat penilaian yang sudah matang dan siap di laksanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI