JURNAL REFLEKSI MINGGUAN MINGGU KE 5

NAMA                  : ISKANDAR

T TUGAS              : SDN 7 BAKTIYA

                                 CGP ANGKATAN 4 ACEH UTARA

 

Connection : Apa keterkaitan materi dengan peran sebagai CGP

 

Setelah mempelajari materi tentang nilai dan peran guru penggerak saya menyadari bahwa banyak keterkaitan dengan peran saya apalagi saya adalah seorang  CGP yang harus memiliki semangat  yang tinggi dari dalam diri agar kelak bisa mengembangkan diri saya maupun teman sejawat terkait dengan nilai-nilai dan peran guru penggerak sehingga rekan-rekan teman sejawat ikut terlibat dalam menerapkan nilai-nilai guru penggerak dan ikut terlibat dalam berperan sebagai guru penggerak

 

Challenge : Adakah ide materi atau pendapat dari nara sumber yang berbeda dari praktik yang dijalankan selama ini ?

 

Ada, konsep-konsep yang ada pada teori nilai-nilai dan peran guru penggerak sebenarnya sudah ada pada seorang guru, namun begitu maksimal, dimana nilai-nilai yang kita terapkan di sekolah melalui penanaman karakter kepada siswa selalu tidak berjalan mulus dari hambatan bisa saja datang dari diri siswa, lingkungan dan keluarga. Meskipun, kita tahu bahwa penanaman karakter di sekolah dilakukan secara terus-menerus, namun karakter bawaan dari dalam diri siswa sanagatlah kuat sehingga dapat mempengaruhi karakter siswa yang telah kita bangun

Concept : Ceritakan konsep-konsep utama yang anda pelajari dan menurut anda penting untuk terus dibawa selama menjadi CGP atau bahkan setelah menjadi CGP ?

 

Nilai-nilai guru penggerak

-Mandiri

-Reflektif

-Kolaboratif

-Inovatif

-Berpihak pada murid

 

Peran Guru Penggerak :

-Menjadi pemimpin pembelajaran

-Mengembangkan komunitas praktisi

-Menjadi coach bagi guru lain

-Mendorong kolaborasi antar guru

-Mewujudkan kepemimpinan murid

-Mewujudkan kepemimpinan murid

Change : Apa perubahan dalam diri anda yang inginn anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini ?

-Mulai dari diri

-Menerapkan nilai-nilai dan peran guru penggerak

-Mengembangkan diri atau Upgrade pengetahuan

-Mau belajar dari siapa saja, di mana saja kapan pun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI