ISKANDAR

CGP ANGKATAN 4 ACEH UTARA

Jurnal refleksi minggu ini saya tulis dengan menggunakan Model 4F Facts, Feelings, Findings, Future. 4F, yang dapat diterjemahkan menjadi 4P, merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway yang terdiri atas pemaparan Facts Peristiwa, Feelings Perasaan, Findings Pembelajaran dan Future Penerapan.   

Facts (Peristiwa)

Pembelajaran minggu ini, Senin 22 November diawali dengan kegiatan  Eksplorasi Konsep dimana kami diajak untuk membaca bahan ajar dan menonton video tentang manajemen perubahan berbasis Inkuiri Apresiatif dan tahapan BAGJA. Kami kemudian diminta memflashback tentang mimpi yang pernah dimiliki di masa lalu.

CGP juga diminta membagikan impian tentang murid masa depan, dan memberikan komentar terhadap impian para CGP lain. Konsep IA yang dipelajari pada Eksplorasi Konsep dibuat menjadi sebuah kesimpulan yang dibagikan pada LMS dan saling dikomentari oleh CGP. Rabu, 24 November kami memasuki ruang kolaborasi berkelompok yang masing – masing terdiri atas 3 orang tentang Visi Guru Penggerak. Keesokan harinya, tepatnya bertepatan dengan HGN 25 November, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi virtual hasil pemetaan kekuatan pencapaian visi guru penggerak.  Kegiatan diawali dengan pemaparan oleh fasilitator, dilanjutkan dengan presentasi oleh masing – masing kelompok dan dilanjutkan dengan pemberian tanggapan dan umpan balik antar kelompok. Pada akhir kegiatan, Bapak Hariyanto, S.Pd, M.Pd selaku fasilitator kami memberikan penguatan - penguatan tentang pentingnya pemetaan kekuatan aset serta peran – peran masing unsur untuk mewujudkan visi guru penggerak. Kami diminta membagikan hasil kerja tersebut pada Gallery Walk. Kegiatan minggu ini diakhiri dengan melakukan refleksi terbimbing – asinkron mengenai pembelajaran yang telah dilakukan.

 

Feelings (Perasaan)

Saya bersyukur bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak sampai tahap ini. Saya merasa antusias karena ini merupakan pembelajaran baru bagi saya sehingga saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Saya senang dan gembira bisa berbagi pemikiran dengan rekan CGP, PP dan Fasilitator. Saya kagum dengan semangat rekan – rekan CGP dalam mengikuti rangkaian proses pembelajaran yang terlihat bersemangat dan antusias baik dalam menyelesaikan tugas maupun presentasi dan kolaborasi kelompok. Hal ini memberikan dampak positif bagi saya untuk terus termotivasi menjalankan pendidikan ini di tengah – tengan aktivitas lain yang kadang menyita waktu dan tenaga. Pembelajaran ini jelas memberikan pengalaman belajar yang kolaboratif, menantang dan menyenangkan

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran dengan alur MERRDEKA merupakan langkah pembelajaran yang mengajak CGP berpikir reflektif, kritis, belajar secara kolaboratif, menuangkan ide secara kreatif, dan menyampaikan gagasan secara komunikatif. Dengan menggali konsep, berkolaborasi, serta merefleksi pendekatan perubahan berbasis Inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJANya telah memberikan saya pemahaman tentang arah perubahan berbasis kekuatan yang ideal untuk diwujudkan, Pemetaan kekuatan yang telah kami lakukan membuka kembali mata dan hati saya bahwasanya bekerjasma (kolaboratif) adalah keniscayaan dalam mewujudkan perubahan yang diinginkan.

 

Future (Penerapan)

Perubahan berbasis kekuatan mengharuskan setiap orang atau lembaga memetakan dengan pasti setiap asset atau potensi yang mereka miliki. Dalam penerapan di kelas atau di sekolah, saya akan berupaya berkolaborasi dengan semua warga sekolah untuk menggunakan pendekatan Inkuiry Apresiatif dengan tahapan BAGJAnya untuk melakukan perubahan. Diawali dengan kegiatan pemetaan kekuatan, pembagian peran, pengaturan rencana dan strategi sampai pada tahap pelaksanaan atau eksekusi kegiatan. Dengan memiliki kesamaan visi yang dirumuskan secara bersama, saya yakin managemen perubahan berbasis kekuatan ini dapat diterapkan, karena setiap ide adalah berharga dan semua unsur bernilai sama pentingnya dalam mewujudkan perubahan.

Sekian jurnal refleksi minggu ini saya susun, semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI