1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif
1.3.a.4.2.
Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif
ISKANDAR
CGP ANKATAN 4 ACEH UTARA
Adapun visi impian saya adalah murid saya bisa Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Sehat, Kreatif, Mandiri, dan Santun Dalam Berbudaya. sehingga untuk mewujudkan hal tersebut strategi yang saya lakukan adalah dengan :
Menanamkandan menciptakan kerukunan, kepedulian, toleransi serta keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan dan agama yang dianutnnya
Membantu mengembangkan minat dan potensi diri melalui kegiatan bermain aducatif;
Menerapkan pembelajaran PAIKEM ( Pembelajaran aktif, kreatif, inofatif, kreatif, efektif dan menyenangkan );
Membudayakan pola hidup bersih,sehat, jujur dan berbudi pekerti luhur;
Memberikan kesempatan untuk berkreasi, bereksplorasi, berinovasi dengan lingkungan yang kondusif;
Menumbuh kembangkan potensi diri, percaya diri dan mampu memecahkan masalah secara mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab
Mengembangkan dan membiasakan perilaku tertib, disiplin , santun dan berbudaya dalam membentuk manusia berkarakter;
Menanamkan dan mengembangkan sikap cinta tanah air , berbangsa dan bernegara;
Meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru sehingga pembelajaran bermakna.
Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
Untuk mencapai Pembelajaran INKUIRI APRESIATIF sesuai tahapan BAGJA maka hal yang harus dilakukan oleh guru adalah:
Menciptakan Pembelajaran yang berpihak pada murid
Memotivasi serta mendampingi anak untuk mengembangkan bakat dan talentanya
Mencipatakan serta melakukan Inovasi pembelajaran yang kreatif berbasis budaya lokal
Menciptakan sausana kelas yang kondusif dan aman bagi peserta didik
Menanamkan aqidah dan ahlak melalui IMTAQ pada kegiatan agama, pembiasaan dan keteladanan.
Melatih membiasakan diri untuk beribadah sesuai keimanannya
Mempersiapkan anak Usia Dini untuk memasuki Pendidikan Dasar dengan belajar sambil bermain;
Terwujudnya suasana TK yang kondusif dan administrasi yang transparan dan tertib;
Mengasuh dan membina peserta didik dengan penuh kasih sayang, cinta dan kesabaran;
Mengembangkan minat anak agar cerdas, kreatif, terampil dan mandiri
Mewujudkan sekolah yang bersih, indah, sehat dan nyaman bagi warga sekolah melalui budaya sadar bersih di sekolah
Serta untuk mewujudkan visi sekolah sebagai tahapan BAGJA adalah :
B = Buat Pertanyaan Utama untuk menentukan arah penelusuran dengan membuat pertanyaan-pertanyaan kemudian didiskusikan dan pilih salah satu pertanyaan
A = Ambil Pelajaran fokus satu pertanyaan utama yang disepakati, kemudian menuntun untuk mengambil pelajaran dari pengalaman positif individu atau kelompok. komunitas sekolah menjawab pertanyaan lanjutan dari pertanyaan utama.
G = Gali Mimpi yaitu menggali mimpi sebagai keadaan ideal yang diinginkan melalui narasi berdasarkan kondisi yang ada, dengan menyusun pertanyaan pemandu.
J = Jabarkan Rencana yaitu dengan mengidentifikasi tindakan yang diperlukan dan mengambil keputusan berdasarkan pertanyaan yang telah disusun agar lebih kongkrit
A= Atur eksekusi membantu transformasi rencana menjadi nyata yang mampu memutuskan peran-peran dalam pelaksanaan.
Serta sesuai dengan paradigma inkuiri positif, dari Ki Hadjar Dewantara anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman untuk anak bisa hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usia anak. serta untuk bisa menciptakan pembelajaran inkuiri apresiatif.
Untuk mencapai Pembelajaran INKUIRI APRESIATIF sesuai tahapan BAGJA maka hal yang harus dilakukan oleh guru adalah:
- Menciptakan Pembelajaran yang berpihak pada murid
-Memotivasi serta mendampingi anak untuk mengembangkan bakat dan talentanya
-Mencipatakan serta melakukan Inovasi pembelajaran yang kreatif berbasis budaya lokal
-Menciptakan sausana kelas yang kondusif dan aman bagi peserta didik
Menanamkan aqidah dan ahlak melalui IMTAQ pada kegiatan agama, pembiasaan dan keteladanan.
Melatih membiasakan diri untuk beribadah sesuai keimanannya
Mempersiapkan anak Usia Dini untuk memasuki Pendidikan Dasar dengan belajar sambil bermain;
Terwujudnya suasana sekolah yang kondusif dan administrasi yang transparan dan tertib;
Mengasuh dan membina peserta didik dengan penuh kasih sayang, cinta dan kesabaran;
Mengembangkan minat anak agar cerdas, kreatif, terampil dan mandiri
Mewujudkan sekolah yang bersih, indah, sehat dan nyaman bagi warga sekolah melalui budaya sadar bersih di sekolah
Komentar
Posting Komentar