3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
3.2.a.3.
Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Ingatlah kembali
sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti
apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari
sosok pemimpin tersebut?
Hal yang paling saya ingat dari sosok
pemimpin tersebut adalah bagaimana melaksanakan proses pendidikan di tengah
keterbatasan sarana, prasarana, biaya, dan tenaga. Beliau melakukan berbagai
inovasi, mengoptimalkan sumber daya yang ada, meminjam sarana dan
prasarana milik sekolah lain, dan rela bekerja lebih untuk pengembangan murid.
Setelah mengingat
sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok
pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Sosok pemimpin yang ideal adalah
pemimpin yang mampu menjadi panutan, memiliki visi, memberikan kesempatan
kepada anggota organisasi untuk berkembang, dan dapat mengembangkan organisasi
dengan optimal sesuai potensi yang dimiliki. Pemimpin yang idela sesuai dengan
filosofi pendidikan KHD, yaitu dapat diteladani, bisa menggerakkan, dan
memberikan dorongan, tuntunan kepada orang yang dipimpinnya.
Tugas pemimpin adalah memastikan
organisasi yang dipimpin memiliki perencanaan, melakukan pembagian tugas,
memastikan tugas telah dilaksanakan sesuai rencana, mengevaluasi, dan
memberikan penghargaan.
Masih ingatkah kita
apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila
kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah
faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah
ini.
Dalam pelajaran biologi, ekosistem
diartikan sebagai suatu proses yang terjadi karena adanya hubungan timbal balik
antara makhluk hidup dengan benda tak hidup di lingkungannya. Dalam konteks
ekosistem sekolah, terjadi hubungan timbal balik antara sumber daya manusia
dengan sarana-prasarana dan lingkungan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
ekosistem sekolah adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa
sumber daya manusia ⟮pemimpin dan bawahan), siswa, komite
sekolah sarana-prasarana ⟮Gedung, laboratorium,perpustakaan,
buku, peralatan lab, ruang kelas), dan biaya. Faktor eksternal berupa orang tua
siswa, masyarakat, organisasi lain, dan lingkungan sekitar.
Apa
yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Peran
seorang pemimpin dalam pengelolaan suber daya sekolah adalah mengidentifikasi
kekuatan yang dimiliki, memetakan potensi yang dimiliki, dan menggunakan
kekuatan dan potensi yang dimiliki untuk mengembangkan potensi murid dengan
optimal.
Sumber
daya yang dimiliki sekolah adalah guru, tenaga kependidikan, komite sekolah,
industri mitra sekolah, sarana-prasarana, siswa, dan dana.
Bagaimana
Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah
gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Posisi
saya dalam ekosistem sekolah adalah terlibat aktif dalam pengembangan potensi
murid, memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kemajuan murid, membangun
hubungan baik dengan pimpinan, komite sekolah, guru lain, tenaga kependidikan,
dan murid, serta memberikan pengaruh positif dalam pengembangan sekolah.
Kekuatan
yang saya miliki adalah mampu menggunakan sumber daya secara optimal untuk
mengembangkan potensi murid dan mampu memunculkan ide-ide pengadaan dan
pemanfaatan sumber daya. Kelemahan yang saya miliki adalah dalam menggerakkan
organisasi sekolah dalam pemanfaatan sumber daya, belum bisa bergerak secara
sinergi dengan semua komponen, karena tiap idividu memiliki arah, kecepatan,
dan momentum yang berbeda-beda.
6.
Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada
murid setelah mempelajari modul ini?
Diri sendiri: mampu
mengelola sumber daya yang ada disekolah, mampu membuat Strategi pengelolaan
sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah, dan mampu
menganalisis sejauh mana potensi kekuatan sumber daya yang dimiliki sekolah
Murid: adanya perubahan
yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah sehingga
kemampaatannya dapat dirasakan secara utuh dan maksimal oleh murid.
Sekolah: sekolah mampu
mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal dan terpetakannya sumber daya
yang ada di sekolah.
7. Apa saja kegiatan.
Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Cara pengelolaan sumber
daya yang ada disekolah secara efektif
Strategi pengelolaan
sumber daya
Cara membuat pemetaan
sumber daya yang ada di sekolaj
Cara menganalisis
potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah.
Manfaat
memahami potensi sumber
daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya.
Dapat mengevaluasi
hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
dapat memahami potensi
sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya dan dapat mengevaluasi hasil
pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
Komentar
Posting Komentar