4. A. 6.1 refleksi terbimbing -budaya positif

 

4. A. 6.1 refleksi terbimbing -budaya positif

1 sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep konsep inti yang telah anda pelajari di modul ini yaitu disiplin positif posisi control guru kebutuhan dasar manusia keyakinan kelas dan segitiga restitusi adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan??

 Disiplin positif

-Menanamkan motivasi untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya tanpa terpengaruh adanya hukuman atau hadiah sehingga berpengaruh pada motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang .

Posisi kontrol guru

1.       penghukum

2.       Pembuat  orang merasa ber salah

3.       Teman

4.        monitor pemantau

5.        Manajer

 akhir dari 5 posisi kontrol seorang guru adalah pencapaian posisi manajer di mana di posisi ini dapat menjadi pribadi yang mandiri merdeka bertanggung jawab atas segala perilaku dan sikapnya yang pada akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang positif aman dan nyaman

Lima kebutuhan dasar manusia

1.       kebutuhan bertahan hidup

2.        kebutuhan cinta dan kasih sayang( kebutuhan untuk diterima )

3.        Penguasaan( kebutuhan pengakuan atas kemampuan)

4.        kebebasan (kebutuhan akan pilihan)

5.        kesenangan (kebutuhan untuk bahagia)

 dengan mengidentifikasi kebutuhan apa yang mendorong perilaku kita maka perubahan perilaku positif dapat dimulai dengan mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang positif daripada cara negative

 Keyakinan kelas

 siswa akan lebih tergerak dan bersemangat untuk menjalankan keyakinannya dari pada hanya sekedar mengikuti serangkaian peraturan melalui pembentukan keyakinan kelas yaitu

1 keyakinan kelas bersifat lebih abstrak daripada peraturan yang lebih rinci dan konkrit

2 keyakinan kelas berupa pernyataan-pernyataan universal

3 pernyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif keyakinan kelas hendaknya tidak terlalu banyak sehingga mudah diingat dan dipahami oleh semua warga kelas

 5 dan kelas sebaiknya sesuatu yang dapat diterapkan di lingkungan tersebut

 

Segi tiga Restitusi

1, menstabilkan identitas kita semua akan melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan

 2 ,validasi tindakan yang salah semua perilaku memiliki alasan menanyakan keyakinan kita semua memiliki motivasi internal

3. hal yang menarik dan di luar dugaan

 4 semua motor materi di modul 14 menarik karena keterkaitan keterkaitan antara satu dan yang lainnya yang tidak bisa terpisahkan dari disiplin positif positif kontrol guru kebutuhan dasar manusia keyakinan kelas dan segitiga restitusi semakin percaya dengan kalimat tidak ada murid yang bodoh nakal yang ada ada murid yang belum bisa ketemu dengan guru yang tepat

 

2.Tuliskan pengalaman anda dalam menggunakan konsep-konsep inti tersebut dalam   menciptakan

     budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah ?

- membuat kesepakatan kelas di awal tahun ajaran baru (teknik dan teknik)

- melakukan refleksi terhadap efektivitas pelaksanaan kesepakatan

 -melakukan evaluasi untuk langkah perbaikan berikutnya

-melakukan perbaikan ke arah peningkatan kualitas kesepakatan kelas yang lebih baik

3.Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan segitiga restitusi    ketika menghadapi permasalahan murid Anda? Jika iya, ada di posisi manakah Anda? Anda boleh menceritakan situasinya dan posisi Anda saat itu.??

1 pada posisi validasi tindakan yang salah validate misbehavior

2.ketika ada siswa yang datang terlambat pertanyaan saya biasanya mengapa kamu terlambat tadi malam tidur jam berapa apakah sudah lupa harus masuk jam berapa

3.padahal seharusnya saya bisa bertanya kamu pasti punya alasan kenapa kamu datang terlambat

4.Perubahan  apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya positif di kelas maupun sekolah Anda setelah mempelajari modul ini?

1.untuk menciptakan budaya positif yang berpihak pada anak maka saya harus memahami beberapa aspek yaitu disiplin positif ,posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi  2.saya mulai merefleksi dan mengevaluasi budaya disiplin yang selama ini saya terapkan

3. saya mulai melakukan perubahan dan perbaikan sesuai dengan disiplin positif yang sudah saya pelajari untuk menciptakan budaya positif yang berpihak pada murid

5.Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

-dengan mengetahui dan mempraktikkan budaya positif di lingkungan belajar saya semoga stigma tidak ada murid yang bodoh nakal yang adalah adalah murid yang belum ketemu dengan guru yang tepat bisa benar-benar terwujud dalam pribadi saya sebagai seorang guru.

6.Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?

-saya mulai menerapkan budaya positif dengan konsep perubahan paradigma stimulus respon menjadi positif kontrol guru menerapkan keyakinan kelas bijaksana dalam menyikapi kebutuhan dasar siswa dengan mengarahkan ke pemenuhan secara positif dan melakukan segitiga restitusi

7..Selain konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah?

1 menjadi teladan

- saya harus selalu mengasah kemampuan saya agar bisa menjadi guru yang bisa diteladani baik secara teknis maupun nonteknis

2 memberi tuntunan

-saya harus lebih bijaksana dalam menghadapi murid terus memberikan tuntunan bukan tuntutan

3 melakukan pembiasaan

-saya harus melakukan pembiasaan pembiasaan atas semua hal budaya baik yang sudah berjalan agar menjadi kebiasaan sehingga terwujud budaya positif

4,terbentuknya keyakinan

-saya harus meyakini diri saya bahwa yang saya lakukan adalah untuk membentuk keyakinan siswa bukan semata-mata untuk lepas dari hukuman atau sekedar mendapat penghargaan

8.Langkah-langkah awal apa yang akan Anda lakukan jika kembali ke sekolah/kelas Anda setelah mengikuti sesi ini?

 

1 diskusi dan kolaborasi dengan siswa antar jurusan untuk menentukan kesepakatan pembiasaan budaya positif

2 bersama murid menentukan budaya positif untuk mewujudkan keyakinan kelas

 3 menerapkan keyakinan dan menjalankan konsekuensinya

4.tempat melakukan refleksi evaluasi dan peningkatan

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL 2.2 Tabel 3.1 Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan

RPP PEMBELAJARAN PSE

3.3.A.9. KONEKSI ANTARMATERI